Permenpan Rb Nomor 62 Tahun 2018 Wacana Fatwa Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional

 Tentang Pedoman Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional PERMENPAN RB NOMOR 62 TAHUN 2018 TENTANG PEDOMAN SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL

Peraturan  Menpan - Permenpan RB Nomor 62 Tahun 2018 Tentang Pedoman Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional, diterbitkan sebagai Pengganti Peraturan  Menteri  Pendayagunaan  Aparatur Negara  dan  Reformasi  Birokrasi  Nomor  24  Tahun  2014 ihwal Pedoman Penyelengaraan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan  Publik  Secara  Nasional yang dipandang  sudah  tidak  sesuai dengan perkembangan keadaan.

Pasal 1 Peraturan  Menpan - Permenpan RB Nomor 62 Tahun 2018 Tentang Pedoman Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional, menyatakan bahwa :
(1)   Penyelenggara  pelayanan  publik,  wajib  melakukan pengelolaan pengaduan pelayanan publik.
(2)   Dalam  melaksanakan  pengelolaan  pengaduan  pelayanan publik sebagaimana dimaksud pada ayat (1), penyelenggara pelayanan publik wajib;
a.  menyediakan  sarana  dan  prasarana  penunjang kelancaran pengelolaan pengaduan pelayanan publik;
b.  menyusun  mekanisme  pengelolaan  pengaduan pelayanan publik; dan
c.  menugaskan  pelaksana  yang  berkompeten  dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik
(3)   Dalam  melaksanakan  pengelolaan  pengaduan  pelayanan publik,  penyelenggara  pelayanan  publik mengintegrasikan dengan aplikasi SP4N-LAPOR!

Pasal 3 Peraturan  Menpan - Permenpan RB Nomor 62 Tahun 2018 Tentang Pedoman Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional, menyatakan bahwa Pedoman  sistem  pengaduan    pelayanan  publik  nasional tercantum  dalam  Lampiran  yang  merupakan  bagian  tidak terpisahkan dari Peraturan menteri ini.

Pasal 4 Peraturan  Menpan - Permenpan RB Nomor 62 Tahun 2018 Tentang Pedoman Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional, menyatakan bahwa Pada  saat  Peraturan  Menteri  ini  mulai  berlaku,  Peraturan Menteri  Pendayagunaan  Aparatur  Negara  dan  Reformasi Birokrasi  Nomor  24  Tahun  2014  tentang  Pedoman Penyelengaraan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Secara Nasional  (Berita  Negara  Republik  Indonesia  Tahun  2014  Nomor 1715), dicabut dan dinyatakan tidak berlaku 

Selengkapnya silahkan baca Salinan dan Lampiran Peraturan  Menpan - Permenpan RB Nomor 62 Tahun 2018 Tentang Pedoman Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional.





Link download Salinan dan Lampiran Peraturan  Menpan - Permenpan RB Nomor 62 Tahun 2018 ---DISINI----

Demikian isu ihwal Peraturan  Menpan - Permenpan RB Nomor 62 Tahun 2018 Tentang Pedoman Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. 




0 Response to "Permenpan Rb Nomor 62 Tahun 2018 Wacana Fatwa Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel