Komplit - 55+ Teladan Soal Pts Ipa Kelas 7 Smp/Mts Semester Ganjil Terbaru
2018-10-25
Add Comment
55+ Contoh Soal Perguruan Tinggi Swasta IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Hallo sahabat bospedia.com, kali ini admin bospedia sudah menyiapkan Contoh Soal Perguruan Tinggi Swasta IPA Kelas 7 SMP/MTs. Seperti yang kita ketahui bahawasanya mata pelajaran IPA yaitu mata pelajara wajib untuk setiap sekolahan menyerupai di SD, Sekolah Menengah Pertama maupun SMA. Ilmu pengetahuan alam (IPA) atau Sains dalam arti sempit telah dijelaskan di atas merupakan disiplin ilmu yang terdiri dari physical sciences (ilmu fisika) dan life sciences (ilmu biologi)
55+ Contoh Soal Perguruan Tinggi Swasta IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Perguruan Tinggi Swasta IPA Kelas 7 SMP/MTs ini, adik adik sanggup menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal Perguruan Tinggi Swasta IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut bospedia memberikan Soal Perguruan Tinggi Swasta IPA Kelas 7 SMP/MTs
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan balasan yang benar !
1. Di bawah ini yang termasuk ke dalam data kualitatif yaitu ....
a. jarak Bandung-Jakarta 120 km
b. panjang meja itu 2 m
c. mangga itu berbiji dua
d. jeruk itu rasanya asam
2. Berdasarkan sumber cahaya yang digunakan, mikroskop dibedakan menjadi ....
a. mikroskop cahaya dan mikroskop optik
b. miksroskop elektron dan mikroskop digital
c. mikroskop elektron dan mikroskop optik
d. mikroskop elektron dan mikroskop proton
3. Alat yang digunakan untuk mengukur keasaman zat yaitu ....
a. atmometer
b. anemometer
c. termometer
d. pH-meter
4. Untuk memperoleh data mengenai tekstur kulit dan aroma buah mangga digunakan pasangan indera ....
a. indera penglihatan dan indera penciuman
b. indera peraba dan indera penciuman
c. telinga dan indera peraba
d. semua indera
5. Nama lain dari alat evaporimeter yaitu ....
a. anemometer
b. atmometer
c. termometer
d. barometer
6. Bagian yang berfungsi untuk memfokuskan gambar pada mikroskop optik yaitu ....
a. cermin
b. kondensor
c. diafragma
d. revolver
7. Diafragma mempunyai fungsi sebagai ....
a. pemutar lensa objektif
b. mengatur banyaknya cahaya yang mengenai preparat
c. menggerakkan kepingan optik
d. daerah preparat yang diamati
8. Peralatan di bawah ini yang tidak digunakan pada ketika melaksanakan pembedahan adalah
a. pinset
b. gunting
c. jarum pentul
d. pisau dapur
9. Tujuan menggunakan larutan formalin ketika melaksanakan pembedahan yaitu ....
a. menghilangkan aroma tidak sedap pada binatang yang dibedah
b. biar binatang yang dibedah tidak cepat membusuk
c. untuk melunakkan daging binatang sehingga lebih gampang dibedah
d. membunuh mikroorganisme pada alat bedah
10. Berikut ini yaitu hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melaksanakan pengamatan lapangan, kecuali ....
a. menggunakan sepatu
b. membaca petunjuk praktikum
c. menggunakan jas laboratorium
d. membawa makanan dan minuman
EVALUASI BAB I PAKET B
1. Lensa pada mikroskop yang letaknya akrab dengan mata pengamat dinamakan lensa ….
a. objektif
b. okuler
c. kondensor
d. reflektor
2. Mikroskop yang mempunyai dua lensa okuler dinamakan mikroskop
a. cahaya
b. monokuler
c. binokuler
d. elektron
3. Bagian mikroskop yang menghubungkan antara lensa okuler dengan lensa objektif yaitu ....
a. revolver
b. tubus
c. pemutar halus
d. lensa kondensor
4. Apabila di ruang pengamatan kurang cahaya, maka sebaiknya digunakan cermin ….
a. datar
b. cekung
c. cembung
d. ganda
5. Jika akan melihat fokus pengamatan pada mikroskop, lebih dahulu menggunakan lensa objektif yang mempunyai perbesaran ....
a. lemah
b. sedang
c. kuat
d. paling kuat
6. Jika pada perbesaran tertentu bayangan tidak terlihat jelas, maka untuk mengatur dan memperjelas bayangan digunakan ….
a. pemutar revolver
b. pemutar kasar
c. pemutar halus
d. diafragma besar
7. Jika ketika pengamatan kita menggunakan lensa okuler perbesaran 10× dan lensa objektif perbesaran 40×, maka perbesaran bayangan yang terlihat dibanding objek yang sesungguhnya yaitu ….
a. 10×
b. 30×
c. 50×
d. 400×
8. Sifat bayangan yang dibuat oleh mikroskop yaitu ….
a. terbalik, maya, diperbesar
b. terbalik, nyata, diperbesar
c. lurus, maya, diperbesar
d. lurus, nyata, diperbesar
9. Posisi penyimpanan mikroskop yang benar yaitu ....
a. diafragma dalam keadaan terbuka
b. lensa kondensor pada posisi naik
c. lensa objektif dan lensa okuler dilepas dan disimpan
d. cermin tidak dihadapkan secara pribadi pada arah cahaya
10. Apakah nama alat yang digunakan untuk mengambil air yang akan diteteskan pada objek pengamatan digunakan alat ....
a. jarum preparat
b. tisu atau kertas penghisap
c. pipet
d. kapas
11. Nama zat pewarna yang digunakan untuk memperjelas pengamatan dengan mikroskop yaitu ...
a. Metilen blue
b. Fenolftalein
c. Kalium permanganat
d. Etanol
12. Zat kimia yang mempunyai simbol di samping, memperlihatkan bahwa zat kimia tersebut bersifat ....
a. oksidator
b. beracun/toksik
c. gampang terbakar
d. korosif
13. Contoh zat kimia yang sanggup mengakibatkan iritasi yaitu ....
a. uranium
b. kloroform
c. alkohol
d. sianida
14. Zat kimia yang sering disebut kapur tohor yaitu ....
a. eosin
b. kalium permanganat
c. kalsium oksida
d. yodium kristal
15. Berikut ini yang merupakan langkah yang sempurna untuk menjaga keselamatan kerja dalam laboratorium IPA yaitu ....
a. menyimpan alat yang gampang pecah di rak tinggi
b. menyimpan materi kimia cair di rak dengan ketinggian di atas kepala
c. meletakan pemadam kebakaran di dalam almari tertutup rapat
d. menyediakan kotak dukungan pertama di daerah yang aman
EVALUASI BAB I PAKET C
1. Mikroskop monokuler sama dengan mikroskop ….
a. cahaya
b. binokuler
c. elektron
d. stereo
2. Mikroskop yang mempunyai satu lensa objektif dan satu lensa okuler disebut mikroskop ….
a. stereo
b. binokuler
c. monokuler
d. elektron
3. Pada ruangan yang kurang terang sebaiknya menggunakan cermin ….
a. cekung
b. datar
c. cembung
d. ganda
4. Pada perbesaran tertentu bayangan yang masih belum jelas, untuk memperjelas bayangan digunakan….
a. cermin
b. pemutar kasar
c. pemutas halus
d. tubus
5. Untuk melihat objek lensa yang dilihat pribadi oleh mata yaitu ...
a. okuler
b. objektif
c. ganda
d. okuler dan objektif
Gunakan gambar di bawah ini untuk menjawab soal nomor 6 s.d 10 !
6. Bagian mikroskop diatas yang berlabel a yaitu ….
a. tubus c. meja benda
b. lensa objektif d. pemutar halus
7. Bagian mikroskop yang berlabel 3 berfungsi untuk….
a. melihat objek yang akan diamati
b. meletakkan benda yang akan dimati
c. untuk memperjelas bayangan
d. untuk menutup benda
8. Bagian mikroskop yang berlabel 5 yaitu ….
a. kondensator
b. revolver
c. diafragma
d. tubus
9. Bagian mikroskop yang sanggup diubah atau diganti sesuai impian kita yaitu nomer ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
10. Supaya preparat yang sedang kita amati tidak bergeser maka akan dijepit dengan nomer ….
a. 1
b. 3
c. 4
d. 5
11. Salah satu peraturan laboratorium yaitu ….
a. buang zat kimia yang tidak digunakan di daerah sampah
b. lakukan aktivitas laboratorium beramai – ramai
c. selesai aktivitas kembalikan peralatan pada daerah semula
d. selesai aktivitas tinggal semua ala-alat dimeja biar diberesi bapak atau ibu guru
12. Pertolongan pertama bila kulit terkena percikan asam klorida yaitu …
a. beri betadine
b. gosok dengan balsem
c. dibalut
d. dibilas air sebanyak-banyaknya
13. Kristal putih, larut dalam air, sanggup digunakan sebagai penganti tawas yaitu ….
a. amino
b. amoniak
c. aluminium sulfat
d. asam sulfat
14. Bahan yang gampang terbakar hendaknya disimpan di ….
a. rak
b. almari besi
c. daerah yang rapat
d. daerah yang jauh dari sumber api
15. Untuk mengambil suatu larutan cair dalam botol digunakan alat ….
a. pipet
b. tabung reaksi
c. corong
d. elenmeyer
16. Pada metode ilmiah, sebelum menyusun hipotesa, langkah yang seharusnya kita lakukan adalah
a. melaksanakan eksperimen
b. merumuskan masalah
c. mengumpulkan keterangan
d. menarik kesimpulan
17. Tujuan utama menggunakan metode ilmiah yaitu ….
a. menciptakan insan lebih sejahtera
b. menunjang kemajuan tehnologi
c. mengubah perilaku manusia
d. menyebarkan inovasi baru
18. Dua syarat yang diharapkan untuk mendapat hasil temuan ilmiah yaitu ….
a. perilaku ilmiah dan metode ilmiah
b. metode ilmiah dan percobaan
c. perilaku ilmiah dan eksperimen
d. percobaan dan kesimpulan
19. Pada percobaan, faktor yang sengaja dibuat berbeda disebut ….
a. variabel bebas
b. variabel terikat
c. variabel kontrol
d. variabel pengganggu
20. Data yang biasa ditulis dengan angka atau bilangan yaitu data….
a. kualitatif
b. kuantitatif
c. sebenarnya
d. perkiraaan
EVALUASI BAB I PAKET D
1. Kebenaran teori dalam ilmu pengetahuan berlaku ….
a. selama belum ada bukti yang menolak teori itu
b. selama penemu masih hidup
c. sama di seluruh dunia
d. pada daerah dan waktu tertentu
2. Gambar bentuk kristal gula pasir yang diamati dengan mikroskop termasuk data ....
a. kualitatif
b. objektif
c. kuantitatif
d. subjektif
3. Berikut ini yaitu langkah dalam metode ilmiah.
1. Mengumpulkan data
2. Eksperimen
3. Kesimpulan
4. Hipotesis
5. Penemuan masalah
6. Percobaan ulang
Urutan langkah dalam metode ilmiah yang benar yaitu ....
a. 5 - 1 - 4 - 2 - 3 - 6
b. 4 - 2 - 3 - 1 - 5 - 6
c. 2 - 3 - 4 - 5 - 1 - 6
d. 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6
4. Berikut ini yang merupakan pola gejala bencana objek abiotik adalah
a. air hujan
b. hujan
c. air laut
d. minum air hujan
5. Jawaban sementara dari problem yang sedang diteliti untuk diuji kebenarannya disebut ....
a. variabel
b. metode
C. data
d. hipotesis
6. Apabila dalam suatu percobaan kamu akan mengukur pertambahan panjang tanaman, maka data yang diperoleh berupa data ....
a. kualitatif
b. kuantitatif
c. pengukuran
d. percobaan
7. Dalam suatu kerja ilmiah hipotesis yang dibuat sangat didukung oleh kesimpulan hasil percobaan, biar lebih meyakinkan maka langkah selanjutnya yaitu ....
a. menyusun hipotesis baru
b. melaksanakan percobaan ulang
c. menyusun teori
d. melaksanakan percobaan baru
8. Bagian dari mikroskop yang berfungsi untuk mengatur fokus bayangan dengan menaikturunkan tabung mikroskop dengan lambat disebut ....
a. revolver
b. mikrometer
c. diafragma
d. lensa objektif
9. Keuntungan menyayat daun dengan menggunakan silet yaitu ....
a. tidak membahayakan siswa
b. gampang dibawa
c. hasil sayatan tipis
d. awet
10. Fungsi lensa okuler yaitu ....
a. memfokuskan benda
b. memperjelas benda
c. menangkap bayangan dari lensa objektif
d. memperbesar ukuran benda
11. Fungsi kloroform atau eter dalam pembedahan yaitu ....
a. memperlunak kulit hewan
b. menguatkan hewan
c. menghasilkan warna yang bagus
d. menciptakan pingsan hewan
12. Alat untuk mengambil zat kimia padat yaitu ....
a. spatula
b. sonde
c. skapel
d. pinset
13. Tempat meletakkan preparat pada mikroskop disebut ....
a. meja preparat
b. gelas benda
c. lensa objektif
d. beling penutup
14. Alat untuk mengambil zat kimia cair dalam jumlah sedikit yaitu ....
a. pipet
b. cermin
c. pinset
d. sonde
15. Contoh materi kimia yang bersifat korosif yaitu ....
a. sianida
b. asam klorida
c.kloroform
d. uranium
B. Isilah titik-titik di bawah ini!
1. Bagian yang terang berbentuk lingkaran terlihat dari lensa okuler disebut
2. Bagian mikroskop yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya ke obyek yaitu ….
3. Seorang ilmuwan dalam mengadakan eksperimen harus ….
4. Data yang didapat dengan alat ukur disebut ….
5. Variabel yang sanggup diubah-ubah disebut ….
6. Setelah merumuskan hipotesa pengamat mengadakan ….
7. Hasil penelitian sesudah selesai perlu dipublikasikan melalui …
8. Zat kimia yang sering disebut garam dapur yaitu ….
9. Sifat materi kimia yang sanggup merusak jaringan hidup disebut ….
10. Contoh materi kimia yang bersifat racun adalah….
C. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!
1. Jelaskan cara menciptakan preparat irisan!
2. Bagimana mengatur mikroskop pada posisi disimpan?
3. Tulisan 3 hukum laboratorium di sekolahmu!
4. Sebutkan langkah-langkah metode ilmiah!
5. Jelaskan perbedaan alat dan materi dalam laboratoruim!
6. Apa sebabnya lensa dihentikan digosok dengan benda kasar
7. Sebutkan 4 pola perilaku ilmiah!
8. Mengapa penggunaan bahan-bahan kimia tertentu harus sesuai
aturan?
9. Bagaimana cara menyimpan materi kimia yang bersifat gampang terbakar?
10. Pertolongan apa yang kau lakukan jikalau terkena asam klorida?
Demikianlah informasi yang sanggup kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 55+ Contoh Soal Perguruan Tinggi Swasta IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
55+ Contoh Soal Perguruan Tinggi Swasta IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru |
Soal Perguruan Tinggi Swasta IPA Kelas 7 SMP/MTs
55+ Contoh Soal Perguruan Tinggi Swasta IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Perguruan Tinggi Swasta IPA Kelas 7 SMP/MTs ini, adik adik sanggup menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal Perguruan Tinggi Swasta IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut bospedia memberikan Soal Perguruan Tinggi Swasta IPA Kelas 7 SMP/MTs
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan balasan yang benar !
1. Di bawah ini yang termasuk ke dalam data kualitatif yaitu ....
a. jarak Bandung-Jakarta 120 km
b. panjang meja itu 2 m
c. mangga itu berbiji dua
d. jeruk itu rasanya asam
2. Berdasarkan sumber cahaya yang digunakan, mikroskop dibedakan menjadi ....
a. mikroskop cahaya dan mikroskop optik
b. miksroskop elektron dan mikroskop digital
c. mikroskop elektron dan mikroskop optik
d. mikroskop elektron dan mikroskop proton
3. Alat yang digunakan untuk mengukur keasaman zat yaitu ....
a. atmometer
b. anemometer
c. termometer
d. pH-meter
4. Untuk memperoleh data mengenai tekstur kulit dan aroma buah mangga digunakan pasangan indera ....
a. indera penglihatan dan indera penciuman
b. indera peraba dan indera penciuman
c. telinga dan indera peraba
d. semua indera
5. Nama lain dari alat evaporimeter yaitu ....
a. anemometer
b. atmometer
c. termometer
d. barometer
6. Bagian yang berfungsi untuk memfokuskan gambar pada mikroskop optik yaitu ....
a. cermin
b. kondensor
c. diafragma
d. revolver
7. Diafragma mempunyai fungsi sebagai ....
a. pemutar lensa objektif
b. mengatur banyaknya cahaya yang mengenai preparat
c. menggerakkan kepingan optik
d. daerah preparat yang diamati
8. Peralatan di bawah ini yang tidak digunakan pada ketika melaksanakan pembedahan adalah
a. pinset
b. gunting
c. jarum pentul
d. pisau dapur
9. Tujuan menggunakan larutan formalin ketika melaksanakan pembedahan yaitu ....
a. menghilangkan aroma tidak sedap pada binatang yang dibedah
b. biar binatang yang dibedah tidak cepat membusuk
c. untuk melunakkan daging binatang sehingga lebih gampang dibedah
d. membunuh mikroorganisme pada alat bedah
10. Berikut ini yaitu hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melaksanakan pengamatan lapangan, kecuali ....
a. menggunakan sepatu
b. membaca petunjuk praktikum
c. menggunakan jas laboratorium
d. membawa makanan dan minuman
EVALUASI BAB I PAKET B
1. Lensa pada mikroskop yang letaknya akrab dengan mata pengamat dinamakan lensa ….
a. objektif
b. okuler
c. kondensor
d. reflektor
2. Mikroskop yang mempunyai dua lensa okuler dinamakan mikroskop
a. cahaya
b. monokuler
c. binokuler
d. elektron
3. Bagian mikroskop yang menghubungkan antara lensa okuler dengan lensa objektif yaitu ....
a. revolver
b. tubus
c. pemutar halus
d. lensa kondensor
4. Apabila di ruang pengamatan kurang cahaya, maka sebaiknya digunakan cermin ….
a. datar
b. cekung
c. cembung
d. ganda
5. Jika akan melihat fokus pengamatan pada mikroskop, lebih dahulu menggunakan lensa objektif yang mempunyai perbesaran ....
a. lemah
b. sedang
c. kuat
d. paling kuat
6. Jika pada perbesaran tertentu bayangan tidak terlihat jelas, maka untuk mengatur dan memperjelas bayangan digunakan ….
a. pemutar revolver
b. pemutar kasar
c. pemutar halus
d. diafragma besar
7. Jika ketika pengamatan kita menggunakan lensa okuler perbesaran 10× dan lensa objektif perbesaran 40×, maka perbesaran bayangan yang terlihat dibanding objek yang sesungguhnya yaitu ….
a. 10×
b. 30×
c. 50×
d. 400×
8. Sifat bayangan yang dibuat oleh mikroskop yaitu ….
a. terbalik, maya, diperbesar
b. terbalik, nyata, diperbesar
c. lurus, maya, diperbesar
d. lurus, nyata, diperbesar
9. Posisi penyimpanan mikroskop yang benar yaitu ....
a. diafragma dalam keadaan terbuka
b. lensa kondensor pada posisi naik
c. lensa objektif dan lensa okuler dilepas dan disimpan
d. cermin tidak dihadapkan secara pribadi pada arah cahaya
10. Apakah nama alat yang digunakan untuk mengambil air yang akan diteteskan pada objek pengamatan digunakan alat ....
a. jarum preparat
b. tisu atau kertas penghisap
c. pipet
d. kapas
11. Nama zat pewarna yang digunakan untuk memperjelas pengamatan dengan mikroskop yaitu ...
a. Metilen blue
b. Fenolftalein
c. Kalium permanganat
d. Etanol
12. Zat kimia yang mempunyai simbol di samping, memperlihatkan bahwa zat kimia tersebut bersifat ....
a. oksidator
b. beracun/toksik
c. gampang terbakar
d. korosif
13. Contoh zat kimia yang sanggup mengakibatkan iritasi yaitu ....
a. uranium
b. kloroform
c. alkohol
d. sianida
14. Zat kimia yang sering disebut kapur tohor yaitu ....
a. eosin
b. kalium permanganat
c. kalsium oksida
d. yodium kristal
15. Berikut ini yang merupakan langkah yang sempurna untuk menjaga keselamatan kerja dalam laboratorium IPA yaitu ....
a. menyimpan alat yang gampang pecah di rak tinggi
b. menyimpan materi kimia cair di rak dengan ketinggian di atas kepala
c. meletakan pemadam kebakaran di dalam almari tertutup rapat
d. menyediakan kotak dukungan pertama di daerah yang aman
EVALUASI BAB I PAKET C
1. Mikroskop monokuler sama dengan mikroskop ….
a. cahaya
b. binokuler
c. elektron
d. stereo
2. Mikroskop yang mempunyai satu lensa objektif dan satu lensa okuler disebut mikroskop ….
a. stereo
b. binokuler
c. monokuler
d. elektron
3. Pada ruangan yang kurang terang sebaiknya menggunakan cermin ….
a. cekung
b. datar
c. cembung
d. ganda
4. Pada perbesaran tertentu bayangan yang masih belum jelas, untuk memperjelas bayangan digunakan….
a. cermin
b. pemutar kasar
c. pemutas halus
d. tubus
5. Untuk melihat objek lensa yang dilihat pribadi oleh mata yaitu ...
a. okuler
b. objektif
c. ganda
d. okuler dan objektif
Gunakan gambar di bawah ini untuk menjawab soal nomor 6 s.d 10 !
6. Bagian mikroskop diatas yang berlabel a yaitu ….
a. tubus c. meja benda
b. lensa objektif d. pemutar halus
7. Bagian mikroskop yang berlabel 3 berfungsi untuk….
a. melihat objek yang akan diamati
b. meletakkan benda yang akan dimati
c. untuk memperjelas bayangan
d. untuk menutup benda
8. Bagian mikroskop yang berlabel 5 yaitu ….
a. kondensator
b. revolver
c. diafragma
d. tubus
9. Bagian mikroskop yang sanggup diubah atau diganti sesuai impian kita yaitu nomer ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
10. Supaya preparat yang sedang kita amati tidak bergeser maka akan dijepit dengan nomer ….
a. 1
b. 3
c. 4
d. 5
11. Salah satu peraturan laboratorium yaitu ….
a. buang zat kimia yang tidak digunakan di daerah sampah
b. lakukan aktivitas laboratorium beramai – ramai
c. selesai aktivitas kembalikan peralatan pada daerah semula
d. selesai aktivitas tinggal semua ala-alat dimeja biar diberesi bapak atau ibu guru
12. Pertolongan pertama bila kulit terkena percikan asam klorida yaitu …
a. beri betadine
b. gosok dengan balsem
c. dibalut
d. dibilas air sebanyak-banyaknya
13. Kristal putih, larut dalam air, sanggup digunakan sebagai penganti tawas yaitu ….
a. amino
b. amoniak
c. aluminium sulfat
d. asam sulfat
14. Bahan yang gampang terbakar hendaknya disimpan di ….
a. rak
b. almari besi
c. daerah yang rapat
d. daerah yang jauh dari sumber api
15. Untuk mengambil suatu larutan cair dalam botol digunakan alat ….
a. pipet
b. tabung reaksi
c. corong
d. elenmeyer
16. Pada metode ilmiah, sebelum menyusun hipotesa, langkah yang seharusnya kita lakukan adalah
a. melaksanakan eksperimen
b. merumuskan masalah
c. mengumpulkan keterangan
d. menarik kesimpulan
17. Tujuan utama menggunakan metode ilmiah yaitu ….
a. menciptakan insan lebih sejahtera
b. menunjang kemajuan tehnologi
c. mengubah perilaku manusia
d. menyebarkan inovasi baru
18. Dua syarat yang diharapkan untuk mendapat hasil temuan ilmiah yaitu ….
a. perilaku ilmiah dan metode ilmiah
b. metode ilmiah dan percobaan
c. perilaku ilmiah dan eksperimen
d. percobaan dan kesimpulan
19. Pada percobaan, faktor yang sengaja dibuat berbeda disebut ….
a. variabel bebas
b. variabel terikat
c. variabel kontrol
d. variabel pengganggu
20. Data yang biasa ditulis dengan angka atau bilangan yaitu data….
a. kualitatif
b. kuantitatif
c. sebenarnya
d. perkiraaan
EVALUASI BAB I PAKET D
1. Kebenaran teori dalam ilmu pengetahuan berlaku ….
a. selama belum ada bukti yang menolak teori itu
b. selama penemu masih hidup
c. sama di seluruh dunia
d. pada daerah dan waktu tertentu
2. Gambar bentuk kristal gula pasir yang diamati dengan mikroskop termasuk data ....
a. kualitatif
b. objektif
c. kuantitatif
d. subjektif
3. Berikut ini yaitu langkah dalam metode ilmiah.
1. Mengumpulkan data
2. Eksperimen
3. Kesimpulan
4. Hipotesis
5. Penemuan masalah
6. Percobaan ulang
Urutan langkah dalam metode ilmiah yang benar yaitu ....
a. 5 - 1 - 4 - 2 - 3 - 6
b. 4 - 2 - 3 - 1 - 5 - 6
c. 2 - 3 - 4 - 5 - 1 - 6
d. 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6
4. Berikut ini yang merupakan pola gejala bencana objek abiotik adalah
a. air hujan
b. hujan
c. air laut
d. minum air hujan
5. Jawaban sementara dari problem yang sedang diteliti untuk diuji kebenarannya disebut ....
a. variabel
b. metode
C. data
d. hipotesis
6. Apabila dalam suatu percobaan kamu akan mengukur pertambahan panjang tanaman, maka data yang diperoleh berupa data ....
a. kualitatif
b. kuantitatif
c. pengukuran
d. percobaan
7. Dalam suatu kerja ilmiah hipotesis yang dibuat sangat didukung oleh kesimpulan hasil percobaan, biar lebih meyakinkan maka langkah selanjutnya yaitu ....
a. menyusun hipotesis baru
b. melaksanakan percobaan ulang
c. menyusun teori
d. melaksanakan percobaan baru
8. Bagian dari mikroskop yang berfungsi untuk mengatur fokus bayangan dengan menaikturunkan tabung mikroskop dengan lambat disebut ....
a. revolver
b. mikrometer
c. diafragma
d. lensa objektif
9. Keuntungan menyayat daun dengan menggunakan silet yaitu ....
a. tidak membahayakan siswa
b. gampang dibawa
c. hasil sayatan tipis
d. awet
10. Fungsi lensa okuler yaitu ....
a. memfokuskan benda
b. memperjelas benda
c. menangkap bayangan dari lensa objektif
d. memperbesar ukuran benda
11. Fungsi kloroform atau eter dalam pembedahan yaitu ....
a. memperlunak kulit hewan
b. menguatkan hewan
c. menghasilkan warna yang bagus
d. menciptakan pingsan hewan
12. Alat untuk mengambil zat kimia padat yaitu ....
a. spatula
b. sonde
c. skapel
d. pinset
13. Tempat meletakkan preparat pada mikroskop disebut ....
a. meja preparat
b. gelas benda
c. lensa objektif
d. beling penutup
14. Alat untuk mengambil zat kimia cair dalam jumlah sedikit yaitu ....
a. pipet
b. cermin
c. pinset
d. sonde
15. Contoh materi kimia yang bersifat korosif yaitu ....
a. sianida
b. asam klorida
c.kloroform
d. uranium
B. Isilah titik-titik di bawah ini!
1. Bagian yang terang berbentuk lingkaran terlihat dari lensa okuler disebut
2. Bagian mikroskop yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya ke obyek yaitu ….
3. Seorang ilmuwan dalam mengadakan eksperimen harus ….
4. Data yang didapat dengan alat ukur disebut ….
5. Variabel yang sanggup diubah-ubah disebut ….
6. Setelah merumuskan hipotesa pengamat mengadakan ….
7. Hasil penelitian sesudah selesai perlu dipublikasikan melalui …
8. Zat kimia yang sering disebut garam dapur yaitu ….
9. Sifat materi kimia yang sanggup merusak jaringan hidup disebut ….
10. Contoh materi kimia yang bersifat racun adalah….
C. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!
1. Jelaskan cara menciptakan preparat irisan!
2. Bagimana mengatur mikroskop pada posisi disimpan?
3. Tulisan 3 hukum laboratorium di sekolahmu!
4. Sebutkan langkah-langkah metode ilmiah!
5. Jelaskan perbedaan alat dan materi dalam laboratoruim!
6. Apa sebabnya lensa dihentikan digosok dengan benda kasar
7. Sebutkan 4 pola perilaku ilmiah!
8. Mengapa penggunaan bahan-bahan kimia tertentu harus sesuai
aturan?
9. Bagaimana cara menyimpan materi kimia yang bersifat gampang terbakar?
10. Pertolongan apa yang kau lakukan jikalau terkena asam klorida?
Demikianlah informasi yang sanggup kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 55+ Contoh Soal Perguruan Tinggi Swasta IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal Perguruan Tinggi Swasta IPA Kelas 7 SMP/MTs File ini dalam Bentuk .doc File Size 29Kb
Diupload oleh www.bospedia.com
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal uts ipa kelas 7 k13
- soal uts ipa kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 dan kunci jawaban
- soal uts ipa kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 pdf
- soal uts ipa kelas 7 semester 1 k13
- soal uts ipa kelas 7 semester 2 dan kunci jawaban
- soal ipa kelas 7 semester 1 kurikulum 2013
- soal pts kls 7 semester 1
- soal ipa kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 kepingan 1 pdf 2018,2019,2020,2021,2022
0 Response to "Komplit - 55+ Teladan Soal Pts Ipa Kelas 7 Smp/Mts Semester Ganjil Terbaru"
Post a Comment