Komplit - 50+ Pola Soal Try Out Uasbn Bahasa Indonesia Kelas 6 Sd/Mi Dan Kunci Jawabnya Terbaru
2018-10-12
Add Comment
50+ Contoh Soal Try Out UASBN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru - Hai adik adik apa kabar? semoga selalu sehat ya. Nah kali ini abang ingin mengembangkan wacana beberapa soal TO UASBN pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikhususkan untuk kelas 6 SD/MI, soal ini merupakan soal yang diambil dari tahun 2018 mencangkup pilihan ganda dan essay. Mengenai soal ini abang sudah mempersiapkan kunci balasan serta dengan pembahasan yang akan membantu adik adik dalam mengerjakan latihan.
50+ Contoh Soal Try Out UASBN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru - Rajasoal.com dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Try Out UASBN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal Try Out UASBN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Semester 2.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut bospedia memberikan Soal Try Out UASBN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan karakter a,b atau c didepan balasan yang benar !
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1−3!
Bunglon, Binatang yang Bisa Berubah Warna. Bunglon yakni salah satu binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik alasannya yakni sanggup mengubah warna kulitnya.
Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini dipakai untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa. Bunglon mempunyai kulit yang berlapis-lapis.
Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.
Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini alasannya yakni bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Sedangkan dikala gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi terang menyerupai kuning dan oranye.
Indikator: Peserta didik sanggup menggali informasi tersurat teks.
1. Bagaimana cara bunglon mengubah warna kulitnya?
A. Dengan menyesuaikan warna di tempatnya berada.
B. Dengan melebar atau mengecilkan pigmen di kulitnya.
C. Dengan cara yang disebut mimikri.
D. Dengan memantulkan sinar matahari.
Indikator: Peserta didik sanggup memprediksi tragedi menurut isi teks.
2. Apa warna yang kira-kira akan dikeluarkan bunglon ketika ia kalah dari perkelahian?
A. Oranye
B. Merah
C. Kuning
D. Hitam
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi tabel dengan pokokpokok pikiran menurut isi teks.
3. Berikut ini yakni tabel perubahan warna bunglon.
No. Alasan Perubahan Warna
1. Melindungi diri Sesuai lingkungan
2. Perasaan negatif (a) ....
3. Perasaan positif (b) ....
Isian yang sempurna untuk melengkapi tabel tersebut yakni ....
A. (a) warna gelap; (b) warna terang
B. (a) warna terang; (b) warna gelap
C. (a) warna hitam; (b) warna kuning
D. (a) warna hijau; (b) warna cokelat
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan sinonim.
4. Pada hari Minggu diadakan kerja bakti.
Siswa kelas VI dibagi menjadi dua kelompok.
Kelompok pertama membersihkan kelas,
sedangkan kelompok kedua membersihkan halaman.
Persamaan kata bergaris bawah dalam kalimat tersebut yakni ....
A. kumpulan
B. regu
C. gugus
D. tim
Indikator: Peserta didik sanggup membandingkan isi teks.
5. Perhatikan dua teks berikut!
Teks 1
Endah selalu saja memaki Hera.
Padahal Hera tidak pernah berbuat jelek pada Endah. Entah mengapa Endah begitu membenci Hera. Hera selalu tabah kalau Endah tiba-tiba menjahili atau mengejeknya. Suatu hari, Endah terjatuh ketika pulang sekolah. Hera yang melihat tragedi itu eksklusif menolongnya.
Teks 2
Sofy yakni anak yang sangat baik di kelas. Ia selalu menolong orang lain, terutama yang sedang membutuhkan. Ia tidak pernah membeda-bedakan. Ia berteman dengan siapa saja. Walaupun bukan anak yang paling pintar di kelas, Sofy sangat disukai oleh teman-temannya. Bahkan, guru-guru juga menyukainya.
Persamaan isi kedua teks tersebut yakni ....
A. menolong orang walaupun ia suka mengejek
B. disukai banyak orang alasannya yakni suka menolong
C. berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
D. menolong siapa saja yang sedang membutuhkan
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan pernyataan sesuai isi teks.
6. Bacalah paragraf berikut!
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengadakan sosialisasi ke sekolah. Beliau mengatakan, sekolah harus mengedukasi siswanya biar tidak jajan sembarangan dan menciptakan kantin sehat di sekolah.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang sempurna yakni ....
A. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta seharusnya melaksanakan tindakan yang tegas pada yang melanggar.
B. Siswa yang jajan sembarangan seharusnya mendapat eksekusi dari sekolah.
C. Program kebijakan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta sanggup menjadikan siswa lebih sehat.
D. Pembuatan kantin sehat di sekolah bahwasanya sangat merepotkan.
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan makna kata.
7. Cermati paragraf berikut!
Besok pagi ada pelajaran menggambar. Bu Intan memperlihatkan kode untuk membawa buku gambar berukuran A3, pensil HB, dan pewarna.
Makna kata bergaris bawah dalam paragraf tersebut yakni ....
A. perintah
B. pelajaran
C. petunjuk
D. peraturan
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan pernyataan sesuai isi teks.
8. Perhatikan teks berikut!
Mengolah kerang memerlukan beberapa langkah. Setelah butir mutiara diambil dari dalam kerang, daging yang menempel pada belahan dalam cangkang dibuang, kemudian kerang dicuci, dan dikeringkan. Perajin juga ikut menciptakan teladan model hiasan yang diinginkan. Pola ini ber fungsi sebagai cetakan untuk menggambar bagan pada cangkang kerang.
Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas yakni ....
A. Mengolah kerang hanya membutuhkan dua langkah saja.
B. Daging dalam cangkang tidak perlu dibuang untuk menghasilkan kerajinan.
C. Pembeli bisa ikut menentukan teladan model hiasan yang diinginkan.
D. Untuk menggambar bagan pada cangkang diharapkan teladan sebagai cetakan.
Indikator: Peserta didik sanggup menggali informasi tersirat teks.
9. Cermati pidato berikut!
Ingatlah ketika kita masih kelas 1 dahulu. Waktu itu kita tidak bisa membaca, tetapi kini telah bisa membaca. Dahulu kita tidak bisa menulis, tetapi kini telah bisa menulis. Dahulu kita tidak bisa menghitung, tetapi kini telah bisa menghitung. Tentu saja hal ini berkat kegigihan guru-guru kita dalam mengajar. Oleh alasannya yakni itu, kita sebagai siswa sudah seharusnya berbakti dan hormat kepada guru.
Isi teks pidato di atas yakni ....
A. mengingatkan kenangan masa lalu
B. mengingatkan kegigihan guru dalam mengajar
C. imbauan untuk berbakti kepada guru
D. imbauan untuk menaati segala perintah guru
Indikator: Peserta didik sanggup mengidentifikasi jenis teks.
10. Perhatikan teks berikut!
Esok paginya, kami berangkat dengan memakai sepeda. Setelah perjalanan selama 2 jam, kami sangat senang alasannya yakni bisa tiba di Pantai Parangtritis dengan selamat. Kami bersenang-senang sambil menikmati indahnya Pantai Parangtritis hingga tak terasa bahwa matahari sudah berwarna jingga. Kami bergegas mengambil sepeda kemudian pulang dengan hati gembira.
Paragraf tersebut termasuk jenis ....
A. deskripsi
B. narasi
C. persuasi
D. eksposisi
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi jenis teks iklan.
11. Perhatikan iklan berikut!
Iklan Kipas Angin
Kata yang sempurna untuk melengkapi iklan tersebut yakni ....
A. toko elektronik terdekat
B. toko baju terjauh
C. toko buku terdekat
D. toko alat listrik terjauh
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan unsur teks berupa kalimat utama.
12. Perhatikan bacaan berikut!
Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini. Antena tersebut berfungsi sebagai radar pendeteksi objek sekitar. Antena terhubung ke mata majemuk. Hal tersebut menciptakan kumbang ini sanggup melihat dan mendeteksi lingkungan sekitarnya.
Kalimat utama paragraf di atas yakni ....
A. Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini.
B. Antena tersebut berfungsi sebagai radar pendeteksi objek sekitar.
C. Antena terhubung ke mata majemuk.
D. Hal tersebut menciptakan kumbang ini sanggup melihat dan mendeteksi lingkungan sekitarnya.
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan ilham pokok teks.
13. Perhatikan paragraf berikut!
Hari ini, 22 September yakni hari Badak Sedunia. Peringatan “hari Badak” diadakan untuk melihat hasil dari upaya menyelamatkan binatang langka ini. Dalam rangka hari Badak Sedunia tahun 2016, World Wildlife Fund (WWF) Indonesia menyatakan, bahwa kondisi rino sumatra tak sebaik rino jawa.
Gagasan utama paragraf tersebut yakni ....
A. Tanggal 22 September yakni hari Badak Sedunia.
B. Peringatan hari Badak Sedunia.
C. WWF menyatakan kondisi rino sumatra buruk.
D. Hari Badak untuk melihat hasil evakuasi badak.
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan informasi tersurat pada karya sastra.
14. Perhatikan pantun berikut!
Buah anggur jangan dilempar
Nanti menjelma mangga
Anak sekolah rajin belajar
Kaprikornus juara orang renta bangga
Pesan pantun di atas yakni ....
A. Anak yang rajin berguru bisa sukses dan membanggakan orang tua.
B. Anak yang rajin berguru bisa menjadi juara dan menjadi orang yang berhasil.
C. Anak yang rajin berguru bisa menjadi juara dan menciptakan orang renta bangga.
D. Anak yang rajin berguru disayang guru dan membanggakan orang tua.
Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab
soal nomor 15−20!
Saat bangkit dari rumahnya di lubang kecil di
tepi telaga, Katak Hijau segera menceburkan diri
ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut.
Semut : “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang.
Katak : “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?”
Semut : “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil masakan yang sudah kami kumpulkan.”
Katak : “Baiklah kalau begitu. Naiklah ke punggungku.”
Semut : “Terima kasih, Katak.” Ratusan Semut eksklusif naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga menciptakan Katak kegelian.
Katak : “Tunggu sebentar, saya kegelian. Tolong turun semua.” (Katak kemudian mengambil selembar daun teratai)
Katak : “Nah, kini naiklah ke daun ini. Nanti, saya akan mendorong kalian semua hingga ke seberang.”
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan informasi tersurat pada karya sastra.
15. Bagaimana cara Katak mengantarkan Semut ke tanah seberang?
A. Menggunakan punggungnya.
B. Menggunakan daun teratai.
C. Menggunakan jembatan.
D. Menggendong hingga seberang.
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan informasi tersurat pada karya sastra.
16. Mengapa Semut ingin pindah ke tanah seberang?
A. Semut kesulitan mencari makanan.
B. Semut diganggu oleh Rayap dan Belalang.
C. Penduduk Semut terlalu padat.
D. Di tanah seberang lebih menjanjikan.
Indikator: Peserta didik sanggup menggali informasi tersirat dalam karya sastra (memaknai belahan teks).
17. Sifat tokoh Katak dalam teks drama tersebut yakni ....
A. cerdik
B. licik
C. bijaksana
D. pemaaf
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa amanat.
18. Amanat yang terkandung dalam teks drama tersebut yakni ....
A. membantu orang yang kesusahan
B. membantu sahabat yang meminta pertolongan
C. menghadapi segala cobaan
D. pindah ke kawasan yang lebih baik
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa latar.
19. Latar kawasan pada teks tersebut yakni ....
A. lubang kecil
B. tepi telaga
C. tanah seberang
D. rumah
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa tokoh.
20. Tokoh utama dalam drama tersebut yakni ....
A. Semut
B. Katak
C. Rayap
D. Belalang
Indikator: Peserta didik sanggup memprediksi tragedi menurut isi cerita.
21. Perhatikan dongeng berikut!
Hujan kali ini sungguh lebat. Warga termangu dan berdoa di dalam rumah. Tibatiba, air sungai yang semula hening menjelma gemuruh. Air dari hulu sungai tiba begitu cepatnya. Menerjang apa saja di depannya.
Peristiwa yang mungkin terjadi berkaitan dengan isi dongeng tersebut yakni ....
A. banjir
B. banjir bandang
C. tsunami
D. banjir rob
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan nilai-nilai cerita.
22. Perhatikan dongeng berikut!
“Inilah wajah pencuri itu. Perhatikan baik-baik dan segera lakukan penangkapan secepatnya!” Pencarian segera dilakukan. Tidak hingga satu hari, pencuri itu sudah tertangkap. Di hadapan Raja ia mengakui kesalahannya telah mencuri kalung milik Putri Mekar.
Nilai moral positif pada dongeng di atas yakni ....
A. menjunjung tinggi kejujuran
B. patuh pada perintah
C. berani mengakui kesalahan
D. bertanggung jawab
Indikator: Peserta didik sanggup menggali informasi tersirat dalam karya sastra berupa menyimpulkan belahan teks.
23. Perhatikan dongeng berikut!
“Cepat keluar semua dari kendaraan beroda empat atau Bapak Tua ini akan celaka!” hardik salah seorang dari mereka seraya menarik baju Pak Tohir.
“Aduh... jantungku sakit!” Pak Tohir tibatiba menjerit sambil menekan dada sebelah kirinya. Kemudian Pak Guru renta itu berjalan sempoyongan keluar dari kendaraan beroda empat dan alhasil jatuh tersungkur di depan kendaraan beroda empat kami.
Kejadian itu menarik perhatian beberapa orang yang kebetulan sedang lewat. Melihat orang-orang berdatangan, ketiga penjahat itu panik dan alhasil melarikan diri. Setelah ketiga penjahat itu pergi, Ayah dibantu beberapa orang berusaha untuk mengangkat Pak Tohir.
Mereka terkejut alasannya yakni Pak Tohir justru dengan sigap bangkit sendiri sambil membersihkan bajunya yang kotor. “Maaf tadi saya hanya berpura-pura,” katanya.
Simpulan dongeng tersebut yakni ....
A. Pak Tohir hanya berpura-pura terkena serangan jantung supaya penjahat itu pergi.
B. Pak Tohir terkena serangan jantung ketika sedang dirampok.
C. Pak Tohir sembuh dari penyak it jantungnya sesudah penjahat pergi.
D. Pak Tohir yakni orang renta yang mempunyai riwayat penyakit jantung.
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan informasi tersurat pada karya sastra.
24. Perhatikan syair berikut!
Jadilah orang yang mulia
Dikagumi alasannya yakni prestasinya
Dibanggakan alasannya yakni akhlaknya
Dicintai alasannya yakni kebaikannya
Maksud syair di atas yakni ....
A. Jika menjadi orang mulia, banyak orang yang mengidolakan.
B. Orang yang mulai dikagumi , dibanggakan, dan dicintai oleh semua orang.
C. Menjadi orang yang mulia tidak gampang untuk dilakukan.
D. Orang yang mulia mempunyai prestasi, akhlak, dan kebaikan serta disukai banyak orang.
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa tema.
25. Bacalah paragraf berikut!
Kata ayahku, setiap hari Pak Ridwan berperahu menghampiri rumah-rumah penduduk di sepanjang bantaran sungai, termasuk rumah kakekku. Hanya untuk membujuk warga di sana biar mau menyekolahkan anak mereka.
Tema bacaan di atas yakni ....
A. kekeluargaan
B. lingkungan
C. pendidikan
D. pekerjaan
Indikator: Peserta didik sanggup menggali informasi tersirat dalam karya sastra (memaknai belahan teks).
26. Perhatikan paragraf berikut!
Pak Susilo menyisihkan sebagian gajinya untuk keperluan buku dan alat tulis muridmuridnya. Bahkan ketika ayah dan beberapa orang murid lain ingin melanjutkan ke SMP, Pak Susilo yang mengantarkan mereka dengan mengayuh bahtera sendiri ke kampung seberang alasannya yakni di Kampung Air belum ada Sekolah Menengah Pertama waktu itu.
Maksud kalimat bercetak miring yakni ....
A. Pak Susilo selalu membelikan muridmuridnya buku-buku dan alat tulis.
B. Pak Susilo meminta pertolongan buku dan alat tulis pada pemerintah.
C. Pak Susilo membelikan buku dan alat tulis untuk muridnya dengan sebagian uang gajinya.
D. Pak Susilo mengharuskan muridnya membeli buku dan alat tulis.
Indikator: Peserta didik sanggup menyusun petunjuk memakai sesuatu.
27. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Cara Mengepel Lantai
(1) Peras kain pel hingga air sudah tidak menetes.
(2) Celupkan kain pel ke dalam cairan pembersih yang sudah tercampur air.
(3) Mulailah mengepel lantai secara merata.
(4) Campurkan cairan pembersih dengan air sesuai petunjuk pemakaian.
(5) Bersihan debu dari lantai dengan sapu atau pembersih debu.
Urutan petunjuk cara mengepel lantai yang
benar yakni ....
A. (1)−(2)−(3)−(4)−(5)
B. (4)−(2)−(1)−(3)−(5)
C. (2)−(1)−(4)−(5)−(3)
D. (5)−(4)−(2)−(1)−(3)
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi teks dengan istilah.
28. Perhatikan paragraf berikut!
Luka yang tidak segera dibersihkan akan mengakibatkan [...]. Apabila hal tersebut tidak segera ditangani, luka tersebut akan semakin sulit disembuhkan.
Istilah yang sempurna untuk melengkapi paragraf di atas yakni .....
A. injeksi
B. infeksi
C. imunisasi
D. inkubasi
Indikator: Peserta didik sanggup menyusun teks narasi.
29. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Iwan segera memapahnya ke rumah.
(2) Yulhan sedang bermain di rumah Iwan.
(3) Lututnya memar dan pergelangan kakinya terkilir.
(4) Ibu Iwan segera memperlihatkan pertolongan pertama sebelum Yulhan dibawa ke puskesmas.
(5) Ketika sedang bermain bola, tiba-tiba Yulhan jatuh.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf dengan urutan ....
A. (2)−(5)−(3)−(1)−(4)
B. (2)−(3)−(5)−(1)−(4)
C. (2)−(5)−(3)−(4)−(1)
D. (2)−(3)−(4)−(5)−(1)
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi jenis teks iklan.
30. Perhatikan iklan berikut!
Mari berhemat!
Matikan keran air kalau tidak [...]!
Kata yang sempurna untuk melengkapi iklan di atas yakni ....
A. mengalir
B. dinyalakan
C. penuh
D. digunakan
Indikator: Peserta didik sanggup menyusun petunjuk menciptakan sesuatu.
31. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker
(1) Masukkan ke dalam rice cooker.
(2) Tekan tombolnya dan tunggu hingga matang.
(3) Cuci beras hingga higienis kemudian beri air secukupnya.
(4) Takar beras secukupnya.
(5) Colokkan kabel rice cooker ke sumber listrik.
Urutan petunjuk cara menciptakan nasi dengan
rice cooker yang benar yakni ....
A. (4)−(3)−(5)−(1)−(2)
B. (4)−(1)−(3)−(5)−(2)
C. (4)−(3)−(1)−(5)−(2)
D. (4)−(1)−(5)−(3)−(2)
Indikator: Peserta didik sanggup menyusun teks narasi.
32. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Ia merayakan ulang tahun di panti asuhan itu dengan membagikan bingkisan pada bawah umur di panti asuhan.
(2) Tanggal 8 Mei yakni ulang tahun Mita.
(3) Mita sangat senang bisa membantu orang lain di hari bahagianya.
(4) Ia ingin merayakannya dengan cara yang tidak biasa.
(5) Saat hari ulang tahunnya tiba, ia mengunjungi panti asuhan di kotanya.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang baik dengan urutan ....
A. (2)−(4)−(1)−(5)−(3)
B. (2)−(5)−(1)−(3)−(4)
C. (2)−(4)−(5)−(1)−(3)
D. (2)−(5)−(1)−(4)−(3)
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi kalimat dengan ungkapan.
33. Pulang dari Semarang, tante membawakanku [....].
Ungkapan yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut yakni ....
A. buah tangan
B. tangan kanan
C. panjang tangan
D. tangan dingin
Indikator: Peserta didik sanggup menyusun petunjuk menciptakan sesuatu.
34. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Aduk hingga tercampur rata.
(2) Masukan kelapa muda dan airnya ke dalam gelas saji.
(3) Es kelapa muda siap dinikmati.
(4) Tambahkan gula jawa dan es batu.
(5) Siapkan kelapa muda, air kelapa muda, gula jawa, dan es batu.9
Urutan petunjuk yang sempurna cara menciptakan es kelapa muda yakni ....
A. (5)−(4)−(2)−(1)−(3)
B. (5)−(2)−(4)−(1)−(3)
C. (5)−(4)−(1)−(2)−(3)
D. (5)−(2)−(1)−(4)−(3)
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi jenis teks laporan.
35. Perhatikan teks berikut!
Pukul 05.00 kami hingga di Asrama Pondok Gede. Kami segera mandi, sarapan, dan mempersiapkan diri alasannya yakni bus akan berangkat pukul 07.00 tepat.
[....] Walaupun masih mengantuk alasannya yakni perjalanan jauh, kami tetap semangat dan penasaran.
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut yakni ....
A. Pukul 07.00 bus berangkat menuju objek wisata pertama, yaitu Taman Mini Indonesia Indah.
B. Kemudian kami sarapan di hotel dan segera naik bus.
C. Tak usang kemudian, alhasil hingga di kawasan tujuan.
D. Karena perjalanan sangat jauh, kami tidur dahulu di bus.
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi jenis teks pidato.
36. Perhatikan pidato berikut!
Seringkali kita melihat murid-murid yang membuang sampah sembarangan. Tentu kita sebagai warga sekolah tidak mau melihat sampah tersebut berantakan di mana-mana. [....]
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi pidato tersebut yakni ....
A. Sampah tadi juga sanggup mencemari lingkungan sekolah kita, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
B. Sampah tersebut sanggup mengakibatkan wabah penyakit di lingkungan masyarakat.
C. Marilah kita menyuruh murid-murid membuang sampah pada tempatnya.
D. Sampah tersebut harus segera dibersihkan oleh tukang kebun.
Indikator: Peserta didik sanggup menyusun teks deskripsi.
37. Perhatikan gambar berikut!
Deskripsi yang sesuai
dengan gambar binatang tersebut yakni ....
A. Binatang tersebut mempunyai jiwa sosial yang tinggi. Jika bertemu dengan kerabatnya, ia akan bersalaman dengan memakai antena di kepalanya.
B. Binatang tersebut mempunyai jiwa sosial yang kurang. Terlihat bahwa mereka saling berebutan untuk mendapat makanan.
C. Binatang tersebut mempunyai jiwa sosial yang kurang. Biasanya mereka bekerja hanya untuk memenuhi impian sendiri-sendiri.
D. Binatang tersebut mempunyai jiwa sosial yang tinggi. Terlihat bahwa mereka saling bekerja sama dengan yang lain untuk mengangkat sebongkah makanan.
Indikator: Peserta didik sanggup memakai ejaan.
38. Penggunaan ejaan yang sempurna terdapat pada kalimat ....
A. Retno berpikir untuk melanjutkan ke sekolah di luar negeri.
B. Retno berfikir untuk melanjutkan ke sekolah di luar negeri.
C. Retno berpikir untuk melanjutkan ke sekolah di luar negri.
D. Retno berfikir untuk melanjutkan ke sekolah di luar negri.
Indikator: Peserta didik sanggup memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan.
39. Pada rabu malam, terjadi banjir bandang di kabupaten garut Jawa Barat.
Perbaikan ejaan yang sempurna pada kalimat di atas yakni ....
A. Pada rabu malam, terjadi Banjir Bandang di kabupaten Garut Jawa Barat.10
B. Pada Rabu malam, terjadi banjir bandang di Kabupaten Garut Jawa Barat.
C. Pada Rabu malam, terjadi Banjir Bandang di Kabupaten Garut Jawa Barat.
D. Pada rabu malam, terjadi banjir bandang di kabupaten Garut Jawa Barat.
Indikator: Peserta didik sanggup memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca.
40. Sherli berbelanja: bayam, sawi, wortel dan kol di pasar.
Perbaikan tanda baca yang sempurna pada
kalimat di atas yakni ....
A. Sherli berbelanja: bayam, sawi, wortel, dan kol di pasar.
B. Sherli berbelanja, bayam, sawi, wortel dan kol di pasar.
C. Sherli berbelanja bayam, sawi, wortel dan kol, di pasar.
D. Sherli berbelanja bayam, sawi, wortel, dan kol di pasar.
Indikator: Peserta didik sanggup memperbaiki penggunaan kata.
41. Setelah berhari-hari tidak ada pembeli, alhasil hari ini motor Pak Beni berjualan.
Perbaikan kata bergaris bawah di dalam kalimat tersebut yakni ....
A. menjual
B. terjual
C. dijual
D. penjual
Indikator: Peserta didik sanggup memperlihatkan kesalahan penggunaan ejaan.
42. Perhatikan teks berikut!
Tanpa sengaja, Dian memecahkan gelas yang akan dipakai untuk percobaan (1)
pada pelajaran IPA. Akan tetapi, Bu Indah hanya menasehati (2)
dengan suara yang lembut. Dian yang awalnya ketakutan kini menjadi sudah tidak takut (3)
lagi. Ia berjanji untuk berhati-hati (4).
Penggunaan ejaan yang salah terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Indikator: Peserta didik sanggup memperlihatkan kesalahan penggunaan tanda baca.
43. Perhatikan kalimat berikut!
Ibu Mesya menjelaskan: “Contoh sampah organik contohnya kertas bekas, karton bekas, kain bekas, dan daun pembungkus makanan.”
Tanda baca yang tidak sempurna penggunaannya yakni ....
A. tanda titik dua (:) sesudah kata menjelaskan
B. tanda petik ganda (“...”)
C. tanda koma (,) sesudah kata bekas
D. tanda titik (.) sesudah kata makanan
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi kalimat dengan kata bentukan.
44. Bacalah kalimat berikut ini!
Pertumbuhan penduduk di Pulau Sumatera mengakibatkan luas hutan alam [...] seiring dengan pembukaan lahan untuk perumahan.
Kata bentukan yang sempurna untuk melengkapi
kalimat tersebut yakni ....
A. mengurang
B. terkurang
C. berkurang
D. dikurangi
Indikator: Peserta didik sanggup memakai tanda baca.
45. Perhatikan kalimat berikut!
Pelajari bentuk dan gaya yang dipakai oleh penyair-penyair populer supaya mengenal struktur, format, sajak dan unsur lain yang dipakai dalam menulis puisi.
Penggunaan tanda baca yang sempurna untuk
melengkapi kalimat tersebut yakni ....
A. tanda koma (,) sesudah kata gaya
B. tanda koma (,) sesudah kata terkenal
C. tanda koma (,) sesudah kata mengenal
D. tanda koma (,) sesudah kata sajak11
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
Bacalah fabel berikut untuk menjawab soal
nomor 46 dan 47!
Ketika memandangi anak-anaknya yang gres menetas, induk ayam bingung. Salah satu anaknya kecil sekali dibandingkan bawah umur yang lain. Tetapi, ia tetap menyayanginya. Sekelompok anak ayam bandel sering mengejek ayam kecil itu. Namun, anak ayam kecil tetap senang bersama keluarganya. Induk dan saudara-saudaranya selalu menjaganya.
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan keteladanan tokoh cerita.
46. Jelaskan keteladanan yang sanggup diambil dari fabel tersebut!
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan makna kata.
47. Jelaskan makna kata dari menetas!
Indikator: Peserta didik sanggup memperbaiki tata kalimat dalam paragraf.
48. Perhatikan paragraf berikut!
Kelompok Anggrek Bulan mendapat kiprah mengamati pasar ikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan sesudah pulang sekolah pada hari Jumat. Pasar yang diamati terletak di pinggir jalan.
Mereka memperhatikan para penjual-penjual meletakkan jualannya di bersahabat jalan raya. Akibatnya jalan macet, becek, dan bau.
Perbaikilah kalimat yang bercetak miring tersebut!
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa konflik.
49. Bacalah fabel berikut!
Binatang-binatang di hutan sedang menentukan raja. Tiba-tiba Kera berteriak, “Manusia saja yang menjadi raja, ia kan sangat pandai”. “Tidak mungkin,” jawab Tupai. “Coba kalian semua perhatikan aku, saya menyerupai dengan insan bukan? Maka akulah yang cocok menjadi raja,” ujar Kera.
Setelah melalui perundingan, penghuni hutan setuju Kera menjadi raja yang baru. Setelah diangkat menjadi raja, tingkah laris monyet sama sekali tidak menyerupai raja. Kerjanya hanya bermalas-malasan sambil menyantap masakan yang lezat-lezat.
Jelaskan konflik yang terjadi pada fabel
tersebut!
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi teks dengan peribahasa.
50. Bacalah paragraf berikut!
Guruku berjulukan Ibu Mutiara Dewi. Beliau berprofesi sebagai guru sudah 28 tahun. Beliau pun sudah pernah mengajar di banyak sekali sekolah dari pedalaman hingga sekolah populer di kota.
Berbagai kesulitan dan kendala dalam mengajar pernah dialaminya. Pengalaman itu membuatnya mengajar dengan baik. (....)
Sebutkan peribahasa yang sesuai untuk
menggambarkan teks tersebut!
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 50+ Contoh Soal Try Out UASBN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
50+ Contoh Soal Try Out UASBN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru |
Soal Try Out UASBN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI
50+ Contoh Soal Try Out UASBN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI dan Kunci Jawabnya Terbaru - Rajasoal.com dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Try Out UASBN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal Try Out UASBN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Semester 2.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut bospedia memberikan Soal Try Out UASBN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan karakter a,b atau c didepan balasan yang benar !
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1−3!
Bunglon, Binatang yang Bisa Berubah Warna. Bunglon yakni salah satu binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik alasannya yakni sanggup mengubah warna kulitnya.
Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini dipakai untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa. Bunglon mempunyai kulit yang berlapis-lapis.
Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.
Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini alasannya yakni bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Sedangkan dikala gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi terang menyerupai kuning dan oranye.
Indikator: Peserta didik sanggup menggali informasi tersurat teks.
1. Bagaimana cara bunglon mengubah warna kulitnya?
A. Dengan menyesuaikan warna di tempatnya berada.
B. Dengan melebar atau mengecilkan pigmen di kulitnya.
C. Dengan cara yang disebut mimikri.
D. Dengan memantulkan sinar matahari.
Indikator: Peserta didik sanggup memprediksi tragedi menurut isi teks.
2. Apa warna yang kira-kira akan dikeluarkan bunglon ketika ia kalah dari perkelahian?
A. Oranye
B. Merah
C. Kuning
D. Hitam
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi tabel dengan pokokpokok pikiran menurut isi teks.
3. Berikut ini yakni tabel perubahan warna bunglon.
No. Alasan Perubahan Warna
1. Melindungi diri Sesuai lingkungan
2. Perasaan negatif (a) ....
3. Perasaan positif (b) ....
Isian yang sempurna untuk melengkapi tabel tersebut yakni ....
A. (a) warna gelap; (b) warna terang
B. (a) warna terang; (b) warna gelap
C. (a) warna hitam; (b) warna kuning
D. (a) warna hijau; (b) warna cokelat
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan sinonim.
4. Pada hari Minggu diadakan kerja bakti.
Siswa kelas VI dibagi menjadi dua kelompok.
Kelompok pertama membersihkan kelas,
sedangkan kelompok kedua membersihkan halaman.
Persamaan kata bergaris bawah dalam kalimat tersebut yakni ....
A. kumpulan
B. regu
C. gugus
D. tim
Indikator: Peserta didik sanggup membandingkan isi teks.
5. Perhatikan dua teks berikut!
Teks 1
Endah selalu saja memaki Hera.
Padahal Hera tidak pernah berbuat jelek pada Endah. Entah mengapa Endah begitu membenci Hera. Hera selalu tabah kalau Endah tiba-tiba menjahili atau mengejeknya. Suatu hari, Endah terjatuh ketika pulang sekolah. Hera yang melihat tragedi itu eksklusif menolongnya.
Teks 2
Sofy yakni anak yang sangat baik di kelas. Ia selalu menolong orang lain, terutama yang sedang membutuhkan. Ia tidak pernah membeda-bedakan. Ia berteman dengan siapa saja. Walaupun bukan anak yang paling pintar di kelas, Sofy sangat disukai oleh teman-temannya. Bahkan, guru-guru juga menyukainya.
Persamaan isi kedua teks tersebut yakni ....
A. menolong orang walaupun ia suka mengejek
B. disukai banyak orang alasannya yakni suka menolong
C. berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
D. menolong siapa saja yang sedang membutuhkan
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan pernyataan sesuai isi teks.
6. Bacalah paragraf berikut!
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengadakan sosialisasi ke sekolah. Beliau mengatakan, sekolah harus mengedukasi siswanya biar tidak jajan sembarangan dan menciptakan kantin sehat di sekolah.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang sempurna yakni ....
A. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta seharusnya melaksanakan tindakan yang tegas pada yang melanggar.
B. Siswa yang jajan sembarangan seharusnya mendapat eksekusi dari sekolah.
C. Program kebijakan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta sanggup menjadikan siswa lebih sehat.
D. Pembuatan kantin sehat di sekolah bahwasanya sangat merepotkan.
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan makna kata.
7. Cermati paragraf berikut!
Besok pagi ada pelajaran menggambar. Bu Intan memperlihatkan kode untuk membawa buku gambar berukuran A3, pensil HB, dan pewarna.
Makna kata bergaris bawah dalam paragraf tersebut yakni ....
A. perintah
B. pelajaran
C. petunjuk
D. peraturan
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan pernyataan sesuai isi teks.
8. Perhatikan teks berikut!
Mengolah kerang memerlukan beberapa langkah. Setelah butir mutiara diambil dari dalam kerang, daging yang menempel pada belahan dalam cangkang dibuang, kemudian kerang dicuci, dan dikeringkan. Perajin juga ikut menciptakan teladan model hiasan yang diinginkan. Pola ini ber fungsi sebagai cetakan untuk menggambar bagan pada cangkang kerang.
Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas yakni ....
A. Mengolah kerang hanya membutuhkan dua langkah saja.
B. Daging dalam cangkang tidak perlu dibuang untuk menghasilkan kerajinan.
C. Pembeli bisa ikut menentukan teladan model hiasan yang diinginkan.
D. Untuk menggambar bagan pada cangkang diharapkan teladan sebagai cetakan.
Indikator: Peserta didik sanggup menggali informasi tersirat teks.
9. Cermati pidato berikut!
Ingatlah ketika kita masih kelas 1 dahulu. Waktu itu kita tidak bisa membaca, tetapi kini telah bisa membaca. Dahulu kita tidak bisa menulis, tetapi kini telah bisa menulis. Dahulu kita tidak bisa menghitung, tetapi kini telah bisa menghitung. Tentu saja hal ini berkat kegigihan guru-guru kita dalam mengajar. Oleh alasannya yakni itu, kita sebagai siswa sudah seharusnya berbakti dan hormat kepada guru.
Isi teks pidato di atas yakni ....
A. mengingatkan kenangan masa lalu
B. mengingatkan kegigihan guru dalam mengajar
C. imbauan untuk berbakti kepada guru
D. imbauan untuk menaati segala perintah guru
Indikator: Peserta didik sanggup mengidentifikasi jenis teks.
10. Perhatikan teks berikut!
Esok paginya, kami berangkat dengan memakai sepeda. Setelah perjalanan selama 2 jam, kami sangat senang alasannya yakni bisa tiba di Pantai Parangtritis dengan selamat. Kami bersenang-senang sambil menikmati indahnya Pantai Parangtritis hingga tak terasa bahwa matahari sudah berwarna jingga. Kami bergegas mengambil sepeda kemudian pulang dengan hati gembira.
Paragraf tersebut termasuk jenis ....
A. deskripsi
B. narasi
C. persuasi
D. eksposisi
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi jenis teks iklan.
11. Perhatikan iklan berikut!
Iklan Kipas Angin
Kata yang sempurna untuk melengkapi iklan tersebut yakni ....
A. toko elektronik terdekat
B. toko baju terjauh
C. toko buku terdekat
D. toko alat listrik terjauh
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan unsur teks berupa kalimat utama.
12. Perhatikan bacaan berikut!
Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini. Antena tersebut berfungsi sebagai radar pendeteksi objek sekitar. Antena terhubung ke mata majemuk. Hal tersebut menciptakan kumbang ini sanggup melihat dan mendeteksi lingkungan sekitarnya.
Kalimat utama paragraf di atas yakni ....
A. Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini.
B. Antena tersebut berfungsi sebagai radar pendeteksi objek sekitar.
C. Antena terhubung ke mata majemuk.
D. Hal tersebut menciptakan kumbang ini sanggup melihat dan mendeteksi lingkungan sekitarnya.
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan ilham pokok teks.
13. Perhatikan paragraf berikut!
Hari ini, 22 September yakni hari Badak Sedunia. Peringatan “hari Badak” diadakan untuk melihat hasil dari upaya menyelamatkan binatang langka ini. Dalam rangka hari Badak Sedunia tahun 2016, World Wildlife Fund (WWF) Indonesia menyatakan, bahwa kondisi rino sumatra tak sebaik rino jawa.
Gagasan utama paragraf tersebut yakni ....
A. Tanggal 22 September yakni hari Badak Sedunia.
B. Peringatan hari Badak Sedunia.
C. WWF menyatakan kondisi rino sumatra buruk.
D. Hari Badak untuk melihat hasil evakuasi badak.
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan informasi tersurat pada karya sastra.
14. Perhatikan pantun berikut!
Buah anggur jangan dilempar
Nanti menjelma mangga
Anak sekolah rajin belajar
Kaprikornus juara orang renta bangga
Pesan pantun di atas yakni ....
A. Anak yang rajin berguru bisa sukses dan membanggakan orang tua.
B. Anak yang rajin berguru bisa menjadi juara dan menjadi orang yang berhasil.
C. Anak yang rajin berguru bisa menjadi juara dan menciptakan orang renta bangga.
D. Anak yang rajin berguru disayang guru dan membanggakan orang tua.
Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab
soal nomor 15−20!
Saat bangkit dari rumahnya di lubang kecil di
tepi telaga, Katak Hijau segera menceburkan diri
ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut.
Semut : “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang.
Katak : “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?”
Semut : “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil masakan yang sudah kami kumpulkan.”
Katak : “Baiklah kalau begitu. Naiklah ke punggungku.”
Semut : “Terima kasih, Katak.” Ratusan Semut eksklusif naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga menciptakan Katak kegelian.
Katak : “Tunggu sebentar, saya kegelian. Tolong turun semua.” (Katak kemudian mengambil selembar daun teratai)
Katak : “Nah, kini naiklah ke daun ini. Nanti, saya akan mendorong kalian semua hingga ke seberang.”
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan informasi tersurat pada karya sastra.
15. Bagaimana cara Katak mengantarkan Semut ke tanah seberang?
A. Menggunakan punggungnya.
B. Menggunakan daun teratai.
C. Menggunakan jembatan.
D. Menggendong hingga seberang.
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan informasi tersurat pada karya sastra.
16. Mengapa Semut ingin pindah ke tanah seberang?
A. Semut kesulitan mencari makanan.
B. Semut diganggu oleh Rayap dan Belalang.
C. Penduduk Semut terlalu padat.
D. Di tanah seberang lebih menjanjikan.
Indikator: Peserta didik sanggup menggali informasi tersirat dalam karya sastra (memaknai belahan teks).
17. Sifat tokoh Katak dalam teks drama tersebut yakni ....
A. cerdik
B. licik
C. bijaksana
D. pemaaf
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa amanat.
18. Amanat yang terkandung dalam teks drama tersebut yakni ....
A. membantu orang yang kesusahan
B. membantu sahabat yang meminta pertolongan
C. menghadapi segala cobaan
D. pindah ke kawasan yang lebih baik
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa latar.
19. Latar kawasan pada teks tersebut yakni ....
A. lubang kecil
B. tepi telaga
C. tanah seberang
D. rumah
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa tokoh.
20. Tokoh utama dalam drama tersebut yakni ....
A. Semut
B. Katak
C. Rayap
D. Belalang
Indikator: Peserta didik sanggup memprediksi tragedi menurut isi cerita.
21. Perhatikan dongeng berikut!
Hujan kali ini sungguh lebat. Warga termangu dan berdoa di dalam rumah. Tibatiba, air sungai yang semula hening menjelma gemuruh. Air dari hulu sungai tiba begitu cepatnya. Menerjang apa saja di depannya.
Peristiwa yang mungkin terjadi berkaitan dengan isi dongeng tersebut yakni ....
A. banjir
B. banjir bandang
C. tsunami
D. banjir rob
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan nilai-nilai cerita.
22. Perhatikan dongeng berikut!
“Inilah wajah pencuri itu. Perhatikan baik-baik dan segera lakukan penangkapan secepatnya!” Pencarian segera dilakukan. Tidak hingga satu hari, pencuri itu sudah tertangkap. Di hadapan Raja ia mengakui kesalahannya telah mencuri kalung milik Putri Mekar.
Nilai moral positif pada dongeng di atas yakni ....
A. menjunjung tinggi kejujuran
B. patuh pada perintah
C. berani mengakui kesalahan
D. bertanggung jawab
Indikator: Peserta didik sanggup menggali informasi tersirat dalam karya sastra berupa menyimpulkan belahan teks.
23. Perhatikan dongeng berikut!
“Cepat keluar semua dari kendaraan beroda empat atau Bapak Tua ini akan celaka!” hardik salah seorang dari mereka seraya menarik baju Pak Tohir.
“Aduh... jantungku sakit!” Pak Tohir tibatiba menjerit sambil menekan dada sebelah kirinya. Kemudian Pak Guru renta itu berjalan sempoyongan keluar dari kendaraan beroda empat dan alhasil jatuh tersungkur di depan kendaraan beroda empat kami.
Kejadian itu menarik perhatian beberapa orang yang kebetulan sedang lewat. Melihat orang-orang berdatangan, ketiga penjahat itu panik dan alhasil melarikan diri. Setelah ketiga penjahat itu pergi, Ayah dibantu beberapa orang berusaha untuk mengangkat Pak Tohir.
Mereka terkejut alasannya yakni Pak Tohir justru dengan sigap bangkit sendiri sambil membersihkan bajunya yang kotor. “Maaf tadi saya hanya berpura-pura,” katanya.
Simpulan dongeng tersebut yakni ....
A. Pak Tohir hanya berpura-pura terkena serangan jantung supaya penjahat itu pergi.
B. Pak Tohir terkena serangan jantung ketika sedang dirampok.
C. Pak Tohir sembuh dari penyak it jantungnya sesudah penjahat pergi.
D. Pak Tohir yakni orang renta yang mempunyai riwayat penyakit jantung.
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan informasi tersurat pada karya sastra.
24. Perhatikan syair berikut!
Jadilah orang yang mulia
Dikagumi alasannya yakni prestasinya
Dibanggakan alasannya yakni akhlaknya
Dicintai alasannya yakni kebaikannya
Maksud syair di atas yakni ....
A. Jika menjadi orang mulia, banyak orang yang mengidolakan.
B. Orang yang mulai dikagumi , dibanggakan, dan dicintai oleh semua orang.
C. Menjadi orang yang mulia tidak gampang untuk dilakukan.
D. Orang yang mulia mempunyai prestasi, akhlak, dan kebaikan serta disukai banyak orang.
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa tema.
25. Bacalah paragraf berikut!
Kata ayahku, setiap hari Pak Ridwan berperahu menghampiri rumah-rumah penduduk di sepanjang bantaran sungai, termasuk rumah kakekku. Hanya untuk membujuk warga di sana biar mau menyekolahkan anak mereka.
Tema bacaan di atas yakni ....
A. kekeluargaan
B. lingkungan
C. pendidikan
D. pekerjaan
Indikator: Peserta didik sanggup menggali informasi tersirat dalam karya sastra (memaknai belahan teks).
26. Perhatikan paragraf berikut!
Pak Susilo menyisihkan sebagian gajinya untuk keperluan buku dan alat tulis muridmuridnya. Bahkan ketika ayah dan beberapa orang murid lain ingin melanjutkan ke SMP, Pak Susilo yang mengantarkan mereka dengan mengayuh bahtera sendiri ke kampung seberang alasannya yakni di Kampung Air belum ada Sekolah Menengah Pertama waktu itu.
Maksud kalimat bercetak miring yakni ....
A. Pak Susilo selalu membelikan muridmuridnya buku-buku dan alat tulis.
B. Pak Susilo meminta pertolongan buku dan alat tulis pada pemerintah.
C. Pak Susilo membelikan buku dan alat tulis untuk muridnya dengan sebagian uang gajinya.
D. Pak Susilo mengharuskan muridnya membeli buku dan alat tulis.
Indikator: Peserta didik sanggup menyusun petunjuk memakai sesuatu.
27. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Cara Mengepel Lantai
(1) Peras kain pel hingga air sudah tidak menetes.
(2) Celupkan kain pel ke dalam cairan pembersih yang sudah tercampur air.
(3) Mulailah mengepel lantai secara merata.
(4) Campurkan cairan pembersih dengan air sesuai petunjuk pemakaian.
(5) Bersihan debu dari lantai dengan sapu atau pembersih debu.
Urutan petunjuk cara mengepel lantai yang
benar yakni ....
A. (1)−(2)−(3)−(4)−(5)
B. (4)−(2)−(1)−(3)−(5)
C. (2)−(1)−(4)−(5)−(3)
D. (5)−(4)−(2)−(1)−(3)
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi teks dengan istilah.
28. Perhatikan paragraf berikut!
Luka yang tidak segera dibersihkan akan mengakibatkan [...]. Apabila hal tersebut tidak segera ditangani, luka tersebut akan semakin sulit disembuhkan.
Istilah yang sempurna untuk melengkapi paragraf di atas yakni .....
A. injeksi
B. infeksi
C. imunisasi
D. inkubasi
Indikator: Peserta didik sanggup menyusun teks narasi.
29. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Iwan segera memapahnya ke rumah.
(2) Yulhan sedang bermain di rumah Iwan.
(3) Lututnya memar dan pergelangan kakinya terkilir.
(4) Ibu Iwan segera memperlihatkan pertolongan pertama sebelum Yulhan dibawa ke puskesmas.
(5) Ketika sedang bermain bola, tiba-tiba Yulhan jatuh.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf dengan urutan ....
A. (2)−(5)−(3)−(1)−(4)
B. (2)−(3)−(5)−(1)−(4)
C. (2)−(5)−(3)−(4)−(1)
D. (2)−(3)−(4)−(5)−(1)
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi jenis teks iklan.
30. Perhatikan iklan berikut!
Mari berhemat!
Matikan keran air kalau tidak [...]!
Kata yang sempurna untuk melengkapi iklan di atas yakni ....
A. mengalir
B. dinyalakan
C. penuh
D. digunakan
Indikator: Peserta didik sanggup menyusun petunjuk menciptakan sesuatu.
31. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker
(1) Masukkan ke dalam rice cooker.
(2) Tekan tombolnya dan tunggu hingga matang.
(3) Cuci beras hingga higienis kemudian beri air secukupnya.
(4) Takar beras secukupnya.
(5) Colokkan kabel rice cooker ke sumber listrik.
Urutan petunjuk cara menciptakan nasi dengan
rice cooker yang benar yakni ....
A. (4)−(3)−(5)−(1)−(2)
B. (4)−(1)−(3)−(5)−(2)
C. (4)−(3)−(1)−(5)−(2)
D. (4)−(1)−(5)−(3)−(2)
Indikator: Peserta didik sanggup menyusun teks narasi.
32. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Ia merayakan ulang tahun di panti asuhan itu dengan membagikan bingkisan pada bawah umur di panti asuhan.
(2) Tanggal 8 Mei yakni ulang tahun Mita.
(3) Mita sangat senang bisa membantu orang lain di hari bahagianya.
(4) Ia ingin merayakannya dengan cara yang tidak biasa.
(5) Saat hari ulang tahunnya tiba, ia mengunjungi panti asuhan di kotanya.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang baik dengan urutan ....
A. (2)−(4)−(1)−(5)−(3)
B. (2)−(5)−(1)−(3)−(4)
C. (2)−(4)−(5)−(1)−(3)
D. (2)−(5)−(1)−(4)−(3)
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi kalimat dengan ungkapan.
33. Pulang dari Semarang, tante membawakanku [....].
Ungkapan yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut yakni ....
A. buah tangan
B. tangan kanan
C. panjang tangan
D. tangan dingin
Indikator: Peserta didik sanggup menyusun petunjuk menciptakan sesuatu.
34. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Aduk hingga tercampur rata.
(2) Masukan kelapa muda dan airnya ke dalam gelas saji.
(3) Es kelapa muda siap dinikmati.
(4) Tambahkan gula jawa dan es batu.
(5) Siapkan kelapa muda, air kelapa muda, gula jawa, dan es batu.9
Urutan petunjuk yang sempurna cara menciptakan es kelapa muda yakni ....
A. (5)−(4)−(2)−(1)−(3)
B. (5)−(2)−(4)−(1)−(3)
C. (5)−(4)−(1)−(2)−(3)
D. (5)−(2)−(1)−(4)−(3)
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi jenis teks laporan.
35. Perhatikan teks berikut!
Pukul 05.00 kami hingga di Asrama Pondok Gede. Kami segera mandi, sarapan, dan mempersiapkan diri alasannya yakni bus akan berangkat pukul 07.00 tepat.
[....] Walaupun masih mengantuk alasannya yakni perjalanan jauh, kami tetap semangat dan penasaran.
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut yakni ....
A. Pukul 07.00 bus berangkat menuju objek wisata pertama, yaitu Taman Mini Indonesia Indah.
B. Kemudian kami sarapan di hotel dan segera naik bus.
C. Tak usang kemudian, alhasil hingga di kawasan tujuan.
D. Karena perjalanan sangat jauh, kami tidur dahulu di bus.
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi jenis teks pidato.
36. Perhatikan pidato berikut!
Seringkali kita melihat murid-murid yang membuang sampah sembarangan. Tentu kita sebagai warga sekolah tidak mau melihat sampah tersebut berantakan di mana-mana. [....]
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi pidato tersebut yakni ....
A. Sampah tadi juga sanggup mencemari lingkungan sekolah kita, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
B. Sampah tersebut sanggup mengakibatkan wabah penyakit di lingkungan masyarakat.
C. Marilah kita menyuruh murid-murid membuang sampah pada tempatnya.
D. Sampah tersebut harus segera dibersihkan oleh tukang kebun.
Indikator: Peserta didik sanggup menyusun teks deskripsi.
37. Perhatikan gambar berikut!
Deskripsi yang sesuai
dengan gambar binatang tersebut yakni ....
A. Binatang tersebut mempunyai jiwa sosial yang tinggi. Jika bertemu dengan kerabatnya, ia akan bersalaman dengan memakai antena di kepalanya.
B. Binatang tersebut mempunyai jiwa sosial yang kurang. Terlihat bahwa mereka saling berebutan untuk mendapat makanan.
C. Binatang tersebut mempunyai jiwa sosial yang kurang. Biasanya mereka bekerja hanya untuk memenuhi impian sendiri-sendiri.
D. Binatang tersebut mempunyai jiwa sosial yang tinggi. Terlihat bahwa mereka saling bekerja sama dengan yang lain untuk mengangkat sebongkah makanan.
Indikator: Peserta didik sanggup memakai ejaan.
38. Penggunaan ejaan yang sempurna terdapat pada kalimat ....
A. Retno berpikir untuk melanjutkan ke sekolah di luar negeri.
B. Retno berfikir untuk melanjutkan ke sekolah di luar negeri.
C. Retno berpikir untuk melanjutkan ke sekolah di luar negri.
D. Retno berfikir untuk melanjutkan ke sekolah di luar negri.
Indikator: Peserta didik sanggup memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan.
39. Pada rabu malam, terjadi banjir bandang di kabupaten garut Jawa Barat.
Perbaikan ejaan yang sempurna pada kalimat di atas yakni ....
A. Pada rabu malam, terjadi Banjir Bandang di kabupaten Garut Jawa Barat.10
B. Pada Rabu malam, terjadi banjir bandang di Kabupaten Garut Jawa Barat.
C. Pada Rabu malam, terjadi Banjir Bandang di Kabupaten Garut Jawa Barat.
D. Pada rabu malam, terjadi banjir bandang di kabupaten Garut Jawa Barat.
Indikator: Peserta didik sanggup memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca.
40. Sherli berbelanja: bayam, sawi, wortel dan kol di pasar.
Perbaikan tanda baca yang sempurna pada
kalimat di atas yakni ....
A. Sherli berbelanja: bayam, sawi, wortel, dan kol di pasar.
B. Sherli berbelanja, bayam, sawi, wortel dan kol di pasar.
C. Sherli berbelanja bayam, sawi, wortel dan kol, di pasar.
D. Sherli berbelanja bayam, sawi, wortel, dan kol di pasar.
Indikator: Peserta didik sanggup memperbaiki penggunaan kata.
41. Setelah berhari-hari tidak ada pembeli, alhasil hari ini motor Pak Beni berjualan.
Perbaikan kata bergaris bawah di dalam kalimat tersebut yakni ....
A. menjual
B. terjual
C. dijual
D. penjual
Indikator: Peserta didik sanggup memperlihatkan kesalahan penggunaan ejaan.
42. Perhatikan teks berikut!
Tanpa sengaja, Dian memecahkan gelas yang akan dipakai untuk percobaan (1)
pada pelajaran IPA. Akan tetapi, Bu Indah hanya menasehati (2)
dengan suara yang lembut. Dian yang awalnya ketakutan kini menjadi sudah tidak takut (3)
lagi. Ia berjanji untuk berhati-hati (4).
Penggunaan ejaan yang salah terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Indikator: Peserta didik sanggup memperlihatkan kesalahan penggunaan tanda baca.
43. Perhatikan kalimat berikut!
Ibu Mesya menjelaskan: “Contoh sampah organik contohnya kertas bekas, karton bekas, kain bekas, dan daun pembungkus makanan.”
Tanda baca yang tidak sempurna penggunaannya yakni ....
A. tanda titik dua (:) sesudah kata menjelaskan
B. tanda petik ganda (“...”)
C. tanda koma (,) sesudah kata bekas
D. tanda titik (.) sesudah kata makanan
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi kalimat dengan kata bentukan.
44. Bacalah kalimat berikut ini!
Pertumbuhan penduduk di Pulau Sumatera mengakibatkan luas hutan alam [...] seiring dengan pembukaan lahan untuk perumahan.
Kata bentukan yang sempurna untuk melengkapi
kalimat tersebut yakni ....
A. mengurang
B. terkurang
C. berkurang
D. dikurangi
Indikator: Peserta didik sanggup memakai tanda baca.
45. Perhatikan kalimat berikut!
Pelajari bentuk dan gaya yang dipakai oleh penyair-penyair populer supaya mengenal struktur, format, sajak dan unsur lain yang dipakai dalam menulis puisi.
Penggunaan tanda baca yang sempurna untuk
melengkapi kalimat tersebut yakni ....
A. tanda koma (,) sesudah kata gaya
B. tanda koma (,) sesudah kata terkenal
C. tanda koma (,) sesudah kata mengenal
D. tanda koma (,) sesudah kata sajak11
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
Bacalah fabel berikut untuk menjawab soal
nomor 46 dan 47!
Ketika memandangi anak-anaknya yang gres menetas, induk ayam bingung. Salah satu anaknya kecil sekali dibandingkan bawah umur yang lain. Tetapi, ia tetap menyayanginya. Sekelompok anak ayam bandel sering mengejek ayam kecil itu. Namun, anak ayam kecil tetap senang bersama keluarganya. Induk dan saudara-saudaranya selalu menjaganya.
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan keteladanan tokoh cerita.
46. Jelaskan keteladanan yang sanggup diambil dari fabel tersebut!
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan makna kata.
47. Jelaskan makna kata dari menetas!
Indikator: Peserta didik sanggup memperbaiki tata kalimat dalam paragraf.
48. Perhatikan paragraf berikut!
Kelompok Anggrek Bulan mendapat kiprah mengamati pasar ikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan sesudah pulang sekolah pada hari Jumat. Pasar yang diamati terletak di pinggir jalan.
Mereka memperhatikan para penjual-penjual meletakkan jualannya di bersahabat jalan raya. Akibatnya jalan macet, becek, dan bau.
Perbaikilah kalimat yang bercetak miring tersebut!
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa konflik.
49. Bacalah fabel berikut!
Binatang-binatang di hutan sedang menentukan raja. Tiba-tiba Kera berteriak, “Manusia saja yang menjadi raja, ia kan sangat pandai”. “Tidak mungkin,” jawab Tupai. “Coba kalian semua perhatikan aku, saya menyerupai dengan insan bukan? Maka akulah yang cocok menjadi raja,” ujar Kera.
Setelah melalui perundingan, penghuni hutan setuju Kera menjadi raja yang baru. Setelah diangkat menjadi raja, tingkah laris monyet sama sekali tidak menyerupai raja. Kerjanya hanya bermalas-malasan sambil menyantap masakan yang lezat-lezat.
Jelaskan konflik yang terjadi pada fabel
tersebut!
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi teks dengan peribahasa.
50. Bacalah paragraf berikut!
Guruku berjulukan Ibu Mutiara Dewi. Beliau berprofesi sebagai guru sudah 28 tahun. Beliau pun sudah pernah mengajar di banyak sekali sekolah dari pedalaman hingga sekolah populer di kota.
Berbagai kesulitan dan kendala dalam mengajar pernah dialaminya. Pengalaman itu membuatnya mengajar dengan baik. (....)
Sebutkan peribahasa yang sesuai untuk
menggambarkan teks tersebut!
Soal Try Out UASBN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI File ini dalam Bentuk .doc File Size 29Kb
Diupload oleh www.bospedia.com
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal try out bahasa indonesia kelas 6 2018
- soal try out bahasa indonesia kelas 6 dan kunci jawaban
- soal try out bahasa indonesia kelas 6 pdf
- soal bahasa indonesia kelas 6 dan kunci jawabannya
- soal try out bahasa indonesia kelas 6 2017
- soal un bahasa indonesia kelas 6
- soal try out kelas 6 dan kunci jawaban
- soal try out kelas 6 2018 dan kunci jawaban pdf 2018,2019,2020,2021,2022
0 Response to "Komplit - 50+ Pola Soal Try Out Uasbn Bahasa Indonesia Kelas 6 Sd/Mi Dan Kunci Jawabnya Terbaru"
Post a Comment