Komplit - 45+ Pola Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 Sma/Ma Semester Ganjil Terbaru

45+ Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru -  Halo sobat bospedia.com yang sedang mencari soal Essay Seni budaya, Kebetulan admin telah menyediakan 45 Contoh soal Essay untuk mata pelajaran Seni budaya khusus yang sedang duduk dibangku kelas 10 SMA/MA semester ganjil dan pada pembahasan kurikulum 2013. Soal ini sudah admin garap sedemikian, risikonya sanggup dikumpulkan menjadi 45 soal termasuk kunci jawabnnya. Sehingga adik adik sanggup mencar ilmu mengakibatkan kisi kisi. Admin juga telah menyediakan link donwload semoga adik adik sanggup mempelajari nya dirumah.  Oiya Seni rupa dua dimensi yaitu suatu karya seni rupa yang mempunyai dua sisi saja, yaitu sisi panjang dan lebar, sehingga tidak mempunyai ruang alasannya tidak mempunyai unsur ketebalan.

com yang sedang mencari soal Essay Seni budaya Komplit - 45+ Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru
45+ Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelasn 10 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru



Teknik – teknik dalam seni rupa 2 dimensi

  1. Teknik Plakat yaitu melukis dengan memakai cat poster, cat minyak cat akrelik, dengan gesekan yang tebal, sehingga menghasilkan warna pekat dan padat.
  2. Teknik Transparan yaitu teknik menggambar / melukis dengan memakai cat air, dengan sapuan warna yang tipis sehingga hasilnya nampak transparan.
  3. Teknik Kolase yaitu melukis dengan memotong kertas yang kemudian ditempel sehingga membentuk lukisan yang realis atau abstrak.
  4. Teknik 3M (melipat, menggunting, dan merekat) yaitu merupakan proses manipulasi lembaran kertas menjadi suatu bentuk tiga dimensi.

Unsur – unsur Seni rupa 2 dimensi

a. Titik /Bintik
Titik/bintik merupakan unsur dasar seni rupa yang terkecil. Semua wujud dihasilkan mulai dari titik. Titik sanggup pula menjadi sentra perhatian, jikalau berkumpul atau berwarna beda.Titik yang membesar biasa disebut bintik.

b. Garis
Garis yaitu gesekan atau batas limit dari suatu benda, ruang, bidang, warna, texture, dan lainnya. Garis mempunyai dimensi memanjang dan mempunyai arah tertentu, garis mempunyai banyak sekali sifat, menyerupai pendek, panjang, lurus, tipis, vertikal, horizontal, melengkung, berombak, halus, tebal, miring, patah-patah, dan masih banyak lagi sifat-sifat yang lain. Kesan lain dari garis ialah sanggup memperlihatkan kesan gerak, ide, simbol, dan kode-kode tertentu, dan lain sebagainya. Pemanfaatan garis dalam desain diterapkan guna mencapai kesan tertentu, menyerupai untuk membuat kesan kekar, berpengaruh simpel, megah ataupun juga agung. Beberapa pola symbol verbal garis serta kesan yang ditimbulkannya, dan tentu saja dalam penerapannya nanti diadaptasi dengan warna-warnanya

c. Bidang
Bidang dalam seni rupa merupakan salah satu unsur seni rupa yang terbentuk dari korelasi beberapa garis. Bidang mempunyai dimensi panjang dan lebar, sedangkan bentuk mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Atau dengan kata lain bidang bersifat pipih, sedangkan bentuk mempunyai isi atau volume. Dari bentuknya bidang maupun bentuk terdiri dari beberapa macam, yakni; bidang geometris, bidang biomorfis (organis), bidang bersudut, dan bidang tak beraturan. Bidang sanggup terbentuk alasannya kedua ujung garis yang bertemu, atau sanggup pula terjadi alasannya sapuan warna. Bidang dibatasi kontur dan merupakan 2 dimensi, menyatakan permukaan, dan mempunyai ukuran Bidang dasar dalam seni rupa antara lain, bidang segitiga, segiempat, trapesium, lingkaran, oval, dan segi banyak lainnya.

d. Bentuk
Bentuk dalam pengertian bahasa, sanggup berarti berdiri (shape) atau bentuk plastis (form). Bangun (shape) ialah bentuk benda yang polos, menyerupai yang terlihat oleh mata, sekedar untuk menyebut sifatnya yang bulat, persegi, ornamental, tak teratur dan sebagainya. Sedang bentuk plastis ialah bentuk benda yang terlihat dan terasa alasannya adanya unsur nilai (value) dari benda tersebut, contohnya lemari. Lemari hadir di dalam suatu ruangan bukan hanya sekedar kotak persegi empat, akan tetapi mempunyai nilai dan tugas yang lainnya.

e. Tekstur
Tekstur merupakan sifat permukaan sebuah benda. Sifat permukaan sanggup berkesan halus, kasar, kusam, mengkilap, licin, berpori dan sebagainya. Kesan-kesan tersebut sanggup dirasakan melalui penglihatan dan rabaan. Oleh alasannya itu terdapat dua jenis tekstur, yaitu tekstur nyata,yaitu sifat permukaan yang memperlihatkan kesan sebetulnya antara penglihatan mata dan rabaan, dan tekstur semu (maya), yaitu kesan permukaan benda yang antara penglihatan dan rabaan sanggup berbeda kesannya.

f. Warna
Teori warna menurut cahaya sanggup dilihat melalui tujuh spectrum warna dalam ilmu Fisika menyerupai halnya warna pelangi. Secara teori warna sanggup dipelajari melalui dua pendekatan salah satunya yaitu teori warna menurut pigmen warna (Goethe) yakni butiran halus pada warna. Beberapa istilah yang perlu diketahui dalam teori warna pigmen diantaranya;
  1. Warna Primer, yakni warna dasar atau warna pokok yang tidak sanggup diperoleh dari adonan warna lain. Warna primer terdiri dari merah, kuning, dan biru, 
  2. Warna Sekunder, yaitu warna yang diperoleh dari adonan kedua warna primer, contohnya warna ungu, oranye (jingga) , dan hijau, 
  3. Warna Tersier, yakni warna yang merupakan hasil percampuran kedua warna sekunder, 
  4. Warna analogus, yaitu formasi warna yang letaknya berdampingan dalam lingkaran warna, contohnya formasi dari warna ungu menuju warna merah, formasi warna hijau menuju warna kuning, dan lain-lain, 
  5. Warna komplementer, yakni warna kontras yang letaknya berseberangan dalam lingkaran warna, misalnya, kuning dengan ungu, merah dengan hijau, dan lain-lain. 


g. Gelap Terang
Dalam karya seni rupa dua dimensi gelap jelas sanggup berfungsi untuk beberapa hal, antara lain: menggambarkan benda menjadi berkesan tiga dimensi, menyatakan kesan ruang atau kedalaman, dan memberi perbedaan (kontras). Gelap jelas dalam karya seni rupa sanggup terjadi alasannya intensitas (daya pancar) warna, sanggup pula terjadi alasannya percampuran warna hitam dan putih.

h. Ruang (kedalaman)
Ruang dalam karya tiga dimensi sanggup dirasakan pribadi oleh pengamat menyerupai halnya ruangan dalam rumah, ruang kelas, dan sebaginya. Dalam karya dua dimensi ruang sanggup mengacu pada luas bidang gambar. Unsur ruang atau kedalaman pada karya dua dimensi bersifat semu (maya) alasannya diperoleh melalui kesan penggambaran yang pipih, datar, menjorok, cembung, jauh bersahabat dan sebagainya.

Soal Essay Seni Budaya Kelasn 10 SMA/MA



45+ Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelasn 10 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru - Rajasoal.com dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Seni Budaya Kelasn 10 SMA/MA ini, adik adik sanggup menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal Essay Seni Budaya Kelasn 10 SMA/MA.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memperlihatkan Soal Essay Seni Budaya Kelasn 10 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada Pengawas/Guru

A. Jawablah soal essay dibawah ini

1. Jelakskan yang dimaksud dengan melukis!
Jawaban: Melukis yaitu mengungkapkan wangsit atau gagasan secara impulsif yang dituangkan pada bidang datar melalui goresan-goresan warna.

2. Sebutkan tiga teknik penggunaan warna!
Jawaban: teknik penggunaan warna yaitu dengan cara heraldis, cara murni, dan cara naturalis.

3. Sebutkan macam-macam pensil menurut tingkat ketebalan goresannya!
Jawaban: Pensil berkode H (keras), pensil berkode B (lunak), dan pensil berkode HB (sedang).

4. Jelaskan yang dimaksud dengan spanram!
Jawaban: Spanram merupakan kanvas yang telah direntam pada ram kayu secara sempurna.

5. Sebutkan minimal lima media alat lukis!
Jawaban: Kertas gambar, kanvas, pensil, palet, pewarna, dan kuas.

6. Sebutkan jenis-jenis pensil!
Jawaban: Pensil keras (dengan istilah pensil hard/H), pensil sedang (medium hard/HB), pensil (soft/B), konte dan pensil warna.

7. Sebutkan pola kerajinan tangan yang kau ketahui!
Jawaban: Kerajinan keramik (kasongan), kerajinan ukiran (Jepara).

8. Sebutkan kawasan penghasil seni kerajinan keramik/gerabah di Indonesia!
Jawaban: Kasongan (Yogyakarta), klampok (Banjarnegara), dan Mayong (Jepara).

9. Sebutkan motif-motif ukuran yang menerima imbas Hindu!
Jawaban: Motif meru, cakra. Dan lingga.

10. Jelaskan pengertian seni batik!
Jawaban: Batik yaitu gambar atau hiasan pada kain yang pengerjaannya melalui proses penutupan dengan memakai lilin atau malam yang kemudian diberi warna.

11. Sebutkan teknik-teknik melukis yang pernah dipakai para seniman semenjak zaman dahulu hingga sekarang!
Jawaban: Tempera, al secco, al fresco, mozaik, aquarel, akrilik, cat minyak, kaca, dan batik.

12. Dalam membuat lukisan, terdapat banyak sekali teknik yang sanggup dilakukan, di antaranya yaitu al fresco dan al secco. Jelaskan perbedaan antara lukisan al fresco dengan lukisan al secco!
Jawaban: lukisan al fresco yaitu melukis yang diterapkan pada permukaan dinding yang masih basah. Lukisan al secco yaitu melukis yang diterapkan pada permukaan dinding yang sudah kering.

13. Sebutkan masing-masing tiga pelukis dunia dan Indonesia yang beraliran ekspresionisme!
Jawaban: Vincent van Gogh, Paul Gauguin, dan Eduart Munch. Affandi, Popo Iskandar, dan Zaini.

14. Persagi abreviasi dari?
Jawaban: Persatuan Ahli Gambar Indonesia.

15. Sebutkan alat untuk membuat benda keramik!
Jawaban: Butsir, kawat pemotong, jarum, meja putar, dan kayu penggiling.

16. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pure art!
Jawaban: Pure art yaitu cabang seni rupa yang pembuatannya terlepas dari nilai fungsi guna, hanya mementingkan keindahan saja.

17. Dalam sebuah karya seni rupa, terdapat unsur-unsur yang membentuknya, menyerupai garis bidang, bentuk, warna hingga ruang. Jelaskan mengenai warna dalam seni rupa!
Jawaban: Warna dalam seni rupa dibagi menjadi tiga bagian, yaitu hue, value, dan intencity.

18. Indonesia mempunyai kawasan penghasil karya seni rupa ukir kayu yang populer hingga ke luar negeri, yaitu di Jepara. Sebutkan alasan seni ukir Jepara dikenal hingga ke luar negeri!
Jawaban:
a. Pangsa pasar yang prospektif, baik lokal, regional, maupun internasional.
b. Tersediannya materi baku yang memadai.
c. Tersediannya tenaga kerja local yang kompetitif dan mempunyai keterampilan tinggi memperlihatkan ciri khas eksklusivitas produk ukir Jepara.
d. Dukungan sarana dan prasarana serta akomodasi pengurusan dokumen ekspor.
e. Lokasi produksi menyebar hampir diseluruh wilayah kabupaten.

19. Sebutkan teknik pembuatan keramik!
Jawaban: Teknik pembuatan keramik, yatiu tekan, mematung, pilin, slap, putar lambat, putar cepat.

20. Sebutkan persyaratan tanah yang baik untuk membuat keramik!
Jawaban:
a. Butiran tanah halus.
b. Plastisitas.
c. Homogeni.
d. Bebas dari gelembung udara.
e. Bersih tanpa kotoran.
f. Daya susut tidak lebih dari 10%.

21. Sebutkan langkah-langkah membuat keramik!
Jawaban:
Langkakh-langkah membuat keramik:
a. Pengolahan bahan.
b. Pembentukan.
c. pengeringan.

22. Jelaskan teknik-teknik apa yang tepat dipakai dalam pembuatan seni kriya dengan materi berikut ini!
a. Tanah liat
b. Kayu
c. Rotan
d. Kulit binatang
e. Semen
Jawaban:
a. Tanah liat → teknik butsir.
b. Kayu → teknik pahat/sambung.
c. Rotan → teknik sambung.
d. Kulit hewan → teknik pahat/sungging.
e. Semen → teknik plester.

23. Jelaskan yang dimaksud dengan teknik pembuatan seni kriya berikut ini!
a. Teknik butsir
b. Teknik sungging
Jawaban:
a. Teknik butsir, yaitu teknik dengan menambah atau mengurangi objek.
b. Teknik sungging, yaitu teknik dengan mengurangi potongan objek.

24. Jelaskan yang dimaksud dengan seni terapan/applied art!
Jawaban: Seni terapan yaitu karya seni rupa yang pembuatnnya didasarkan pada pertimbangan nilai guna sebagai pertimbangan utama.

25. Jelaskan yang dimaksud batik tulis!
Jawaban: Batik tulis, yaitu batik yang dibentuk dengan cara tradisional dan dikerjakan dengan tangan.

26. Sebutkan ciri dari gamelan Jawa!
Jawaban:
a. Bertangga nada pelog dan slendro.
b. Memiliki hamoni yang kompleks.
c. Dinamika dan tempo bervariasi.
d. Instrumen terdiri atas peking, saron, bonang, gender, slenthem, kempul, gong, siter, rebab, gambang, gendang, kethuk, dan kenong.
e. Berfungsi untuk mengiringi pertunjukan wayang, ketoprak, tari, upacara adat, serta sebagai musik hiburan bagi kalangan aristokrat Jawa.

27. Jelaskan mengenai alat musik bonang!
Jawaban: Dalam gamelan Jawa, bonang merupakan instrument pendukung yang penting. Adapun bonang terbagi menjadi dua, yaitu bonang barung dan bonang panerus.

28. Jelaskan ciri-ciri alat musik angklung!
Jawaban:
a. Bertangga nada diatonik.
b. Tempo lagu antara lambat dan sedang.
c. Instrumen ini terbuat dari bambu , seperangkat angklungk merupakan instrument yang berbeda-beda ukuran, satu pemain memainkan satu instrument dan satu nada.
d. Berfungsi sebagai hiburan.

29. Sebutkan instrumen yang ada pada gamelan Jawa!
Jawaban: Instrumen dalam gamelan Jawa, antara lain pelung saron, bonang, gender, slenthem, kempul, gong, siter, rebab, gambang, gendang, kethuk, dan kenong.

30. Jelaskan mengenai instrumen bentuk pencon!
Jawaban: Instrumen bentuk pencon yaitu instrument yang terdapat potongan menonjol dari suatu bidang datar.

31. Jelaskan apa fungsi musik!
Jawaban:
a. Sarana hiburan.
b. Pengiring tari.
c. Meningkatkan kecerdasan, kepekaan rohani.
d. Media terapi.
e. Media pendidikan.
f. Promosi dagang.

32. Jelaskan apa keindahan musikal yang kau tangkap saat mendengar musik tradisional!
Jawaban: Vokal dan instrument yang khas dari tiap-tiap daerah.

33. Jelaskan apa Bahasa yang dipakai dalam teks-teks lagu daerah!
Jawaban: Bahasa masing-masing kawasan sesuai dengan asal dari lagu daerah.

34. Sebutkan beberapa lagu kawasan yang kau ketahui!
Jawaban: Kampuang nan jauh di mato, Angin mamiri, Bubuy bulan, Lir ilir, Butet, Bungo Jeumpa, dan Soleram.

35. Sebutkan beberapa alat musik tradisional yang kau ketahui!
Jawaban:
a. gamelan
b. sasando
c. angklung
d. kulintang
e. degung

36. Jelaskan yang dimaksud dengan seni musik!
Jawaban: Seni musik yaitu seni yang diekspresikan dengan media bunyi yang dituangkan secara teratur, indah, dan sanggup dinikmati oleh pendengarnya.

37. Sebutkan peranan seni musik Nusantara!
Jawaban:
Peranan musik tradisional Nusantara:
a. Sebagai pujian bagi kawasan tersebut yang mencerminkan kekayaan budaya.
b. Sebagai media verbal dan komunikasi sosial dalam masyarakat tersebut.
c. Sebagai motivasi untuk melestarikan dan menyayangi budaya kawasan sebagai potongan dari budaya nasional.

38. Sebutkan ciri-ciri gamelan Bali!
Jawaban:
Ciri-ciri gamelan Bali:
a. Irama relatif cepat.
b. Nada cenderung tinggi.
c. Memiliki harmoni yang kompleks.
d. Jenis instrumen lebih sedikit dari gamelan Jawa.
e. Kecuali kempul, semua pemukul tidak mempunyai peredam.
f. Instrumen bernada rendah dinaikan nadanya, menyerupai gender atau gong diganti kempul.
g. Berfungsi sebagai musik pengiring tari, teater tradisional, upacara religi, serta sebagai hiburan.

39. Sebutkan ciri-ciri alat musik angklung!
Jawaban:
Angklung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu dengan ciri-ciri sebagai berikut.
a. Bertangga nada diatonik.
b. Tempo lagu antara lambat dan sedang.
c. Instrumen ini terbuat dari bambu, seperangkat angklung merupakan instrumen yang berbeda-beda ukuran, satu pemain memainkan satu instrumen dan satu nada.
d. Berfungsi sebagai hiburan.

40. Berilah pola lagu dari Jawa Barat!
Jawaban:
a. Cing Cangkeling.
b. Es Lilin.
c. Karatagan Pahlawan.
d. Bubuy Bulan.

41. Jelaskan yang dimaksud musik tradisional!
Jawaban: Musik tradisional yaitu musik yang berkembang didaerah sekitar musik itu berasal.

42. Sebutkan ciri dari gamelan Bali!
Jawaban:
Ciri-ciri gamelan Bali:
a. Irama relatif cepat.
b. Nada cenderung tinggi.
c. Memiliki harmoni yang kompleks.
d. Jenis instrumen lebih sedikit dari gamelan Jawa.
e. Kecuali kempul, semua pemukul tidak mempunyai peredam.
f. Instrumen bernada rendah dinaikan nadanya, menyerupai gender atau gong diganti kempul.
g. Berfungsi sebagai musik pengiring tari, teater tradisional, upacara religi, serta sebagai hiburan.

43. Sebutkan ciri dari angklung!
Jawaban:
Angklung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu dengan ciri-ciri sebagai berikut.
a. Bertangga nada diatonik.
b. Tempo lagu antara lambat dan sedang.
c. Instrumen ini terbuat dari bambu, seperangkat angklung merupakan instrumen yang berbeda-beda ukuran, satu pemain memainkan satu instrumen dan satu nada.
d. Berfungsi sebagai hiburan.

44. Sebutkan ciri dari gambang kromong!
Jawaban:
a. Bertangga nada slendro.
b. Dinyanyikan dengan gaya duet perempuan pria.
c. Lagu berirama riang dengan lirik humor dan sindiran.
d. Instrumen terdiri atas biola, rebab, suling, bonang, gambang kayu, gong, gendang, dan kecrek.
e. Berfungsi untuk mengiringi pertunjukan teater tradisional (lenong), lagu, dan tari.

45. Jelaskan mengenai instrumen bentuk tabung!
Jawaban: Istrumen bentuk tabung yaitu instrumen yang pada umumnya mempunyai materi dasar bambu, dan dimainkan dengan dipukul, digoyang, dan ditiup.

Demikianlah gosip yang sanggup kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 45+ Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelasn 10 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

com yang sedang mencari soal Essay Seni budaya Komplit - 45+ Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru
Soal Essay Seni Budaya Kelasn 10 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal essay seni rupa kelas 10
    • soal essay seni rupa kelas 11
    • soal seni budaya kelas 10 semester 1 tahun 2018/2019/2020/2021
    • soal essay seni budaya beserta jawaban
    • soal essay perihal seni musik
    • soal essay seni rupa 2 dimensi
    • soal essay seni budaya kelas xii
    • soal uts seni budaya kelas 10 semester 1


    0 Response to "Komplit - 45+ Pola Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 Sma/Ma Semester Ganjil Terbaru"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel