Kumpulan Soal Matematika Kelas 5 Sd Kepingan 6 Pecahan Dan Kunci Jawaban

 kalau diubah ke bentuk pecahan biasa menjadi  Kumpulan Soal Matematika Kelas 5 SD Bab 6 Pecahan Dan Kunci Jawaban

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. 2Jika dijadikan persen menjadi ....
a. 40 %
b. 20 %
c. 30 %
d. 50 %

2. 25 % kalau diubah ke bentuk pecahan biasa menjadi ....
a. 25
b15
c. 12
d.  14

3. Pecahan biasa di bawah ini yang tidak senilai dengan 10 % yaitu ....
a. 220
b110
c. 10100
d. 1020

4. Di bawah ini yang tidak senilai dengan yaitu ....
a. 32 %
b. 0,32
c. 321000
d. 1650

5. 45 ......  710 Tanda yang sempurna untuk mengisi titik-titik di samping yaitu ....
a. <
b. =
c. >
d. +

6. 0,150 % ..... 20 %. Tanda yang sempurna untuk mengisi titik-titik di samping yaitu ....
a. <
b. =
c. >
d. +

7. 3jika dijadikan pecahan desimal menjadi ....
a. 0,30
b. 0,75
c. 0,40
d. 0,25

8. Pecahan biasa dari 0,30 yaitu ....
a. 30100
b3100
c. 34
d. 030

9. 25 % dari 120 yaitu ....
a. 20
b. 30
c. 40
d. 50

10. Pecahan biasa dari 0,02 yaitu ....
a. 24
b210
c. 150
d. 21000

11.  210 +  410 310 = ....
Hasil dari operasi penjumlahan pecahan di atas yaitu ....
a. 930
b910
c. 1230
d. 310

12. 13= ....
Hasil dari operasi penjumlahan pecahan di atas yaitu ....
a. 410
b48
c. 38
d. 78

13. Andi mempunyai tali sepanjang 1meter dan Ali mempunyai tali sepanjang 1meter. Maka jumlah tali Andi dan Ali kalau ditambahkan menjadi ....
a. 712
b212
c. 27
d. 77

14. 915  - 315 - 415 = ....
Hasil dari operasi pengurangan pecahan di atas yaitu ....
a. 215
b245
c. 1615
d. 1645

15. 34  25 = ....
Hasil dari operasi penjumlahan pecahan di atas yaitu ....
a. 11
b3510
c. 351000
d. 720

16. Diska mempunyai pita sepanjang 12  meter, lalu ia memakai pitanya sepanjang 310 meter. Sekarang sisa pita Diska menjadi ....
a. 310
b. 28
c. 210
b. 710

17. 78  x 34 = ....

Hasil dari operasi perkalian pecahan di atas yaitu ....
a. 2132
b. 2832
c. 3221
d. 3228

18. 310  :  13= ....
Hasil dari operasi pembagian pecahan di atas yaitu ....
a. 310
b. 910
c. 310
d. 910

19. Pak Panji membeli buah jeruk seberat 1 Kg. Buah tersebut diberikan kepada anak-naknya. 10 % buahnya diberikan kepada Santi, 0,5 diberikan kepada Budi dan 310 kg diberikan kepada Sinta. Dan Sisanya  diberikan kepada Rani. Makara siapakah yang menerima buah jeruk paling banyak?
a. Santi
b. Budi
c. Sinta
d. Rani

20. Perbandingan siswa laki dan wanita dalam kelas yaitu 5 : 7. Jika siswa pria dalam kelas yaitu 15 siswa, maka siswa wanita berjumlah ....
a. 21 siswa
b. 20 siswa
c. 28 siswa
d. 18 siswa

21. Jumlah siswa pria dalam kelas yaitu 12 siswa. Sedangkan jumlah siswa wanita yaitu 21 siswa. Maka [erbandingan antara jumlah siswa pria dan wanita adala ....
a. 1 : 3
b. 1 : 2
c. 4 : 7
d. 7 : 4

22. Sinta mempunyai 7 buah pensil dan Rini mempunyai 21 pensil. Perbandingan jumlah pensil yang dimiliki Sinta dan Rini yaitu ....
a. 7 : 2
b. 1 : 2
c. 1 : 3
d. 1 : 4

23. Jarak desaa A dan desa B yaitu 1.500 meter. Pada peta jarak desa A dan B yaitu 3 cm. Makara skala peta tersebut yaitu ....
a. 1 : 3
b. 1 : 15.000
c. 1 : 1.000
d. 1 : 50.000

24. Jarak antara kota X dan Z pada peta yaitu 8 cm. Jika skala yang dimiliki peta tersebut yaitu 1 : 200.000, maka jarak bergotong-royong antara kota X dan Z yaitu ....
a. 1.600.000 m
b. 16 km
c. 160 km
d. 1.600 cm

25. Jika jarak rumah Nabila dan rumah Siska yaitu 800 meter. Di dalam peta yang mempunyai skala 1 : 40.000. Maka jarak rumah Nabila dan rumah Siska yaitu ....
a. 2 cm
b. 4 cm
c. 6 cm
d. 8 cm

Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya :

Jika ingin mengerjakan soal pilihan gandanya secara online dengan eksklusif ternilai secara online, silahkan dicoba :


B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. 28 Jika dijadikan persen menjadi ....

2. Bentuk desimal dari 648 adalah ....

3. 1525 ......  3Tanda yang sempurna untuk mengisi titik-titik di samping yaitu ....

4. 58  jika dijadikan pecahan desimal menjadi ....

5. 215 = ....
Hasil dari penjumlahan pecahan di atas yaitu ....

6. 716 = ....
Hasil dari pengurangan pecahan di atas yaitu ....

7. 15  x  2 = ....
Hasil dari perkalian pecahan di atas yaitu .....

8. Alia membeli 12 jeruk dan Sintia membeli 30 jeruk. Perbandingan jumlah jeruk yang dibeli Alia dan Sintia yaitu .....

9. Perbandingan siswa kelas 3 dan 4 SD Sukamakmur yaitu 3 : 5. Jika jumlah siswakelas 3 SD Sukamakmur yaitu 27 siswa. Maka jumlah siswa kelas 4 SD Sukamakmur yaitu ....

10. Jarak antara kota P dan Q dalam peta yaitu 10 cm. Jika skala peta tersebut yaitu 1 : 50.000, maka jarak bergotong-royong antara kota P dan Q yaitu ....

C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. Ubahlah pecahan-pecahan di bawah ini menjadi bentuk persen!
a. 15
b. 2425
c. 38
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2. Bu Karina membeli 2 1kg tepung, Bu Rini Membeli 3 1Kg dan Bu Rahma 4 1Kg. Hitunglah jumlah semua tepung yang dibeli oleh Bu Karina, Bu Rini dan Bu Rahma!
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3. Berilah tanda yang sempurna dari perbandingan bilangan di bawah ini!
a. 0,5 ...... 75 %
b. 0,200 ..... 15
c. 37,5 % ..... 58
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4. Kelas 5 SD Tambakromo mempunyai siswa sebanyak 45 siswa. Perbandingan siswa yang suka membaca, melukis dan menari yaitu 1 : 5 : 3. Maka hitunglah :
a. Jumlah siswa yang suka membaca
b. Jumlah siswa yang suka melukis
c. Jumlah siswa yang suka menari
Jawab : ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

5. Pak Rahmat mempunyai sawah berbentuk persegi panjang. Panjang sawah Pak Rahmat dalam peta yaitu 16 cm dan lebarnya yaitu 10 cm. Jika skala peta tersebut yaitu 1 : 2.000. Maka hitunglah :
a. Panjang sawah sebenarnya
b. Lebar sawah sebenarnya
c. Luas sawah sebenarnya
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya :

Jika ingin mengerjakan soal pilihan gandanya secara online dengan eksklusif ternilai secara online, silahkan dicoba :

KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN HARIAN MATEMATIKA
KELAS 5 SD BAB PECAHAN 

A. JAWABAN

1. a. 40 %
2. d. 14
3. d. 1020
4. c. 321000
5. c. >
6. a. <
7. b. 0,75
8. a. 30100
9. b. 30
10. c. 150
11. b. 910
12. d. 78
13. a. 712
14. a. 215
15. d. 720
16. c. 210
17. a. 2132 
18. d. 910
19. b. Budi
20. a. 21 siswa
21. c. 4 : 7
22. c. 1 : 3
23. d. 1 : 50.000
24. b. 16 km
25. a. 2 cm

B. JAWABAN

1. 28  x 100 % = 25 %

2. 0,125

3. <

4. 0,625

5. 211015 15 = 1315

6. 716 = 2124 - 424 = 1724

7. 15 x 23 = 215

8. 12 : 30 = 2 : 5

9. Perbandingan = 3 : 5

Siswa kelas 4 SD Sukamakmur = 5 x 27 siswa : 3  = 135 siswa : 3 = 45 siswa
10. Jarak Sebenarnya = Jarak pada peta / skala peta = 10 cm / 1 : 50.000 = 10 cm x 50.000 : 1 = 500.000 cm : 1 = 500.000 cm = 5 km

C. JAWABAN

1. Mengubah pecahan-pecahan menjadi bentuk persen
a. 11x 100 % = 20 %
b. 2425 2425 x 100 % = 96 %
c. 338 x 100 % = 37,5 %

2. Diketahui :
Tepung yang dibeli Bu Karina =  2 1kg
Tepung yang dibeli Bu Rini = 3 1Kg
Tedpung yang dibeli Bu Rahma = 4 1Kg.
- Jumlah semuanya :
= 2 15 kg +  3 1Kg + 4 1Kg
11Kg + 7Kg + 17Kg
4420 Kg + 7020  Kg + 1520 Kg
19920 Kg
= 9 1920 Kg

3. Memberil tanda yang sempurna dari perbandingan bilangan
a. 0,5 ..... 75 %
0,5 = 0,50
75 % = 0,75
Makara tandanya yaitu 0,50 < 0,75

b. 0,200 ..... 15
0,200 = 0,200
1= 0,200
Makara tandanya yaitu 0,200 = 0,200

c. 37,5 % ..... 58
37,5 % = 0,375
58 = 0,625
Makara tandanya yaitu 0,375 < 0,625

4. Diketahui :
Jumlah siswa kelas 5 SD Tambakromo = 45 siswa.
Perbandingan siswa yang suka membaca, melukis dan menari = 1 : 5 : 3.

a. Jumlah siswa yang suka membaca = 1 x 45 siswa : 9 = 45 siswa : 9 = 5 siswa
b. Jumlah siswa yang suka melukis = 5 x 45 siswa : 8 = 225 siswa : 9 = 25 siswa
c. Jumlah siswa yang suka menari = 3 x 45 siswa : 8 = 135 siswa : 9 = 20 siswa

5. Diketahui :
Bentuk sawah Pak Rahmat = persegi panjang.
Panjang sawah pada peta = 16 cm
Lebarnya sawah pada peta = 10 cm
Skala pada peta =  1 : 2.000.

a. Panjang sawah bergotong-royong = 16 cm x 2.000 = 32.000 cm = 320 meter
b. Lebar sawah bergotong-royong = 10 cm x 2.000 = 20.000 cm = 200 meter
c. Luas sawah bergotong-royong = Panjang x lebar = 320 m x 200 m = 64.000 meter

0 Response to "Kumpulan Soal Matematika Kelas 5 Sd Kepingan 6 Pecahan Dan Kunci Jawaban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel